Home Living

8 Trik Rahasia Mendekorasi Ruang TV Minimalis

Seberapa penting ruang TV di rumah? Menurut Kania, penting banget! Kenapa demikian? Ruang TV atau ruang keluarga adalah tempat di mana seluruh anggota keluarga berkumpul dan menghabiskan waktu bersama. Oleh karena itu, jika rumah kalian masih menggunakan konsep satu TV untuk satu ruang, coba deh menggantinya dengan sebuah ruang TV keluarga supaya bisa berkumpul bersama.

Tidak perlu repot, cukup ruang TV minimalis sederhana saja di tiap rumah sebagai spot kumpul keluarga di penghujung hari. Ada pula 8 trik rahasia dari Kania khusus untuk mendekorasi ruang TV minimalis yang masih jarang diketahui. Penasaran? Yuk langsung dipelajari dan dipraktekkan yah!

1. Memperhatikan Pencahayaan dan Audio

Pencahayaan Ruang Tv Minimalisbillielourd.org

Ruang TV minimalis bisa semakin nyaman dengan pencahayaan lampu yang tepat. Oleh karena itu, perhatikan dengan seksama saat kamu ingin meletakkan dekorasi lampu hias agar tidak menghalangi jarak pandang terhadap televisi. Selain itu, bias cahaya juga harus sesuai; tidak terlalu terang atau redup supaya kondisi lampu di ruangan bisa disesuaikan dengan cahaya jendela dan sinar dari perangkat televisi itu sendiri.

Dari sisi pemasangan audio di ruang TV sederhana, sesuaikan dengan budget yang kamu punya. Selain dari segi budget, perhatikan juga sistem audio yang sesuai dengan ukuran ruangan. Pemasangannya juga bermacam-macam, baik diletakkan di sisi ruangan, bersisian dengan televisi hingga digantung di sudut ruang TV minimalis. Konsultasikan terlebih dahulu kebutuhan audio dengan penyedia elektronik, bahkan dengan jasa interior profesional untuk hasil terbaik.

2. Lupakan Rak Televisi

Ruang TV minimalis akan menuntut kamu untuk juga berpikrian secara sederhana dan simpel. Tinggalkan rak TV yang menyita ruang dan beralih saja ke instalasi televisi dengan konsep gantung di dinding yang praktis.

ruang TV minimalis
pinterest.com

Bukan saja kamu akan menghemat banyak ruang di ruang TV minimalis, tetapi juga menghemat pengeluaran untuk rak televisi tersebut. Ditambah lagi, ruangan akan tetap terlihat fungsional tanpa banyak dekorasi, sesuai dengan konsep minimalis yang memang merupakan tujuan dari ruang TV minimalis ini.

3. Pilih TV Berkualitas Baik

Ruang Tv Minimalisenotecadellafortezza.com

Untuk segala jenis ruang TV, termasuk ruang TV minimalis, selalu prioritaskan untuk berinvetasi pada sebuah unit televisi yang baik. Alasannya adalah kualitas elektronik tentu akan mempengaruhi kenikmatan visual yang juga baik untuk penglihatan seluruh anggota keluarga.

Kualitas TV yang baik juga pasti akan memiliki estetika dan bodi yang berbeda dengan TV kebanyakan. Berhubung ruang TV minimalis umumnya tidak akan lagi didekorasi dengan pernak-pernik atau aksesoris ruangan yang berlebihan, jadikan unit televisi sebagai fokus utama yang bisa dibanggakan di ruang TV minimalis milikmu.

4. Kreatif Dalam Memilih Tempat Duduk

Trik rahasia dalam mendekorasi ruang TV minimalis yang serba ideal juga tidak lepas dari furnitur utama berupa tempat duduk saat menonton. Disarankan agar kalian tidak terlalu kaku dengan kata ” furnitur”, karena tempat duduk kasual seperti bean bag yang empuk, bantal berukuran besar, hingga karpet tebal bisa menjadi tempat duduk yang paling nyaman untuk ruang TV minimalis di rumah.

Tempat Duduk Ruang Tv Minimalis
apartmentherapy.com

Untuk kalian yang memang mau memilih furnitur berupa sofa atau kursi empuk, kenyamanan adalah unsur utama yang harus diperhatikan saat memilih tempat duduk. Jadi, pilih sofa duduk yang rendah dan lapang supaya mudah dihias dengan aksesoris seperti bantal-bantal berbagai ukuran hingga selimut untuk bersantai bersama keluarga.

5. Ruang Multifungsi Keluarga

Ruang TvMinimalis Multifungsineo-decor.com

Ruang TV minimalis memang akan dijadikan tempat utama untuk berkumpul bersama keluarga dan menonton televisi bersama. Tetapi tidak ada salahnya jika kamu juga ‘meramaikan’ fungsi ini dengan mencari celah untuk fungsi- fungsi lain di ruang TV minimalis ini.

Salah satu caranya adalah dengan menambahkan rak buku, supaya ruang TV minimalis juga bisa menjadi sarana perpustakaan kecil. Atau, bisa juga menambahkan meja kerja kecil supaya ruang TV minimalis ini juga punya fungsi utama di rumah selain hanya dijadikan sebagai ruang TV minimalis semata. Kania jamin, anggota keluarga akan selalu terbiasa untuk berkumpul di ruang ini setiap saat untuk berbagai kegiatan.

6. Pertimbangkan Fungsi Meja

Dua fokus utama dalam ruang TV minimalis adalah televisi berkualitas baik dan ruang duduk yang ada. Jika memang kamu hanya memiliki ruang yang terbatas, lupakan fungsi meja untuk mendampingi ruang TV minimalis di rumah.

ruang TV minimalis
decoist.com

Meja utama di ruang TV minimalis bisa juga diganti dengan meja samping kecil, rak buku vertikal, hingga menggunakan kursi sofa yang berbahan keras sebagai tempat menaruh benda- benda penting saat menggunakan ruang TV minimalis. Intinya, tidak perlu merasa kalau meja adalah barang wajib saat mendekorasi ruang TV minimalis, kamu harus bisa menata rumah sederhana tapi elegan.

7. Trik Rahasia Mendekorasi Ruang TV Minimalis: Fokus Pada Komposisi, Bukan Ukuran

Banyak asumsi kalau di rumah yang ruangnya terbatas, cukup memprioritaskan ruang tamu untuk ruang duduk formal maupun untuk keluarga. Padahal, ruang TV minimalis tetap bisa dihadirkan secara nyaman dan bermanfaat untuk seluruh keluarga, meski dengan sedikit ruang di rumah.

ruang TV minimalis
Decoist.com

Untuk kalian yang ingin punya ruang TV minimalis di ruang terbatas, fokus pada komposisi ruang yang tersedia. Jika ada sisa ruang di rumah yang tidak cukup besar untuk ditempati atau ruang kantor yang sering nganggur, ada baiknya dipertimbangkan untuk disulap menjadi ruang TV minimalis yang manis. Kuncinya adalah menata tempat duduk serta memasang televisi dengan strategis.

 

8. Bermain Dengan Variasi Elemen Interior

Elemen Ruang Tv Minimalisaliexpress.com

Walaupun mengusung tema minimalis, ruang TV minimalis juga bisa menampilkan dinamika lewat dekorasi yang berbeda supaya ada kesan hangat yang muncul. Dari menggunakan wallpaper atau wall covering yang berbeda, memasang lampu gantung yang unik, menggelar karpet yang terkesan mewah, hingga dekorasi dinding yang stylish, semuanya bisa kamu lakukan.

ruang TV minimalis
decoist.com

Intinya, sah-sah saja jika ruang TV minimalis milikmu berbeda gaya dengan gaya ruangan lain di rumah, sepanjang komposisi yang tercipta pas dan terlihat nyaman. Dengan kreativitas tanpa batas, ruang TV minimalis tidak harus terpaku pada desain menyeluruh di rumah.


Nah, Kania yakin kamu sekarang jadi tertarik untuk memiliki ruang TV minimalis di rumah kamu kan? Kamu bisa menemukan perabot dan dekor terfavorit di dekoruma. Bahkan, dekoruma siap membantu permasalahan desain interior kamu lho. Jangan lupa cek juga artikel lainnya di dekoruma ya!

Related Articles

Back to top button
Close
Close