Tekno

5 Konsep Laptop Paling Menarik di Computex 2019

5 Konsep Laptop Paling Menarik di Computex 2019. Teknologi laptop futuristik yang dipamerkan di Computex 2019 termasuk laptop pertama di dunia dengan modem 5G.

News, Jakarta- Beberapa teknologi baru cukup menggoda dalam gelaran tahunan Computex 2019 pekan lalu, di antaranya adalah laptop dengan teknologi inovasi terbaru.

Amtiss, Startup Indonesia yang Cari Klien di Computex 2019

Beberapa merek seperti Intel dan Asus memiliki konsep PC portabel layar ganda, mengungkap prototipe dan perangkat yang siap dikirim. Teknologi laptop futuristik lainnya yang dipamerkan di Computex termasuk laptop pertama di dunia dengan modem 5G. Berikut detail 5 laptop dengan inovasi baru menurut laman PCMag, Ahad, 2 Juni 2019:

1. Intel Project Athena

Intel berusaha menggambarkan desain laptop Project Athena pada acara CES 2019, Januari lalu, tapi produsen chip itu mengumumkan rincian lengkap laptop tersebut akan bekerja di Computex. Spesifikasi itu termasuk penjelajahan web nirkabel dunia nyata dengan sekali pengisian daya.

Selain itu laptop juga memiliki kemampuan untuk bangun dari mode tidur dalam waktu kurang dari satu detik, port Thunderbolt 3 dan Wi-Fi 6 , dan sasis ultra-ramping. Intel kabarnya telah membuka tiga laboratorium pengujian, di mana perusahaan akan menentukan laptop mana yang baik.

Metodologi pengujian juga akan fokus pada pemeriksaan produk di bawah skenario dunia nyata bukan kondisi ideal di lab. Menurut intel vendor top, termasuk HP, Dell, Lenovo, dan Microsoft telah masuk. Harapannya laptop Project Athena pertama tiba dalam selusin model yang berbeda akhir tahun ini sebagai perangkat Windows dan Chromebook.

2. Intel Honeycomb Glacier

Selain menawarkan detail pada Project Athena untuk ultraportables, Intel juga menggoda konsep laptop gaming yang disebut Honeycomb Glacier. Dengan layar ganda, idenya mirip dengan desain Asus ZenBook Pro Duo yang baru. Gamer akan melihat game di layar utama sambil memantau streaming langsung dan jendela obrolan di layar sekunder.

Bagian paling unik dari konsep Honeycomb Glacier adalah pengaturan engsel kembar. Setelah Anda membuka tutup display, engsel kedua dipasang di antara tampilan bawah dan keyboard memungkinkan untuk memiringkan seluruh permukaan tampilan ke atas, menawarkan sudut pandang yang lebih alami.

3. Laptop 5G

Qualcomm dan Lenovo membuat lompatan cukup jauh untuk teknologi 5G, karena meluncurkan prototipe laptop 5G pertama di dunia dalam gelaran Computex. Itu bukan produk sebenarnya, tapi lebih dari sekadar dari platform komputasi Snapdragon 8CX yang ada, atau versi turbocharged dari chip Snapdragon yang memberi daya pada banyak smartphone.

Seperti laptop bertenaga Snapdragon yang sudah ada, itu akan mencakup masa pakai baterai dalam hitungan hari, dan fitur selalu aktif yang menyinkronkan email, pesan, serta komunikasi lainnya bahkan ketika laptop sedang mati.

Berbeda dengan laptop yang ada, modem X55 5G-nya mampu kecepatan hingga 7Gbps. Sayangnya, sangat sedikit jaringan 5G yang ada saat ini, jadi jika membeli laptop segera setelah mulai dijual (direncanakan awal tahun depan), pengguna mungkin akan terjebak dengan kecepatan LTE.

4. Asus Prime Utopia

Asus Prime Utopia menawarkan sekilas tentang masa depan motherboard PC. Tata letak yang unik dapat mengakomodasi blok air pindah untuk pendinginan sambil menyembunyikan pompa dan pipa di belakang untuk menjaga tampilan depan lebih bersih.

Fitur futuristik yang tidak biasa terlihat adalah panel OLED 7-inci penuh warna dengan kontrol sentuh, yang dapat dihubungkan melalui kabel atau Wi-Fi. Layar menawarkan kontrol untuk pengaturan BIOS, kecepatan kipas, dan kemampuan untuk menghidupkan atau mematikan sistem. Asus memamerkan konsep Prime Utopia dalam pembuatan PC kustom di lantai pameran Computex.

5. PCI Gen 4 SSD

Beberapa produsen, termasuk Gigabyte, Corsair, dan MSI, memamerkan SSD atau prototipe siap di Computex berdasarkan standar PCI Express generasi keempat. PCI Express Gen 4 menawarkan kecepatan lebih besar dari 5GBps, dibandingkan dengan batas 3.5GBps dari bus generasi ke-3 yang ada.

Salah satu yang paling menarik adalah kartu rakasa Gigabyte PCI yang dapat menampung empat SSD PCI Express Gen 4 dalam array RAID, untuk kapasitas 8TB dan throughput data 15GBps. Motherboard pertama yang mendukung standar PCI baru ini merupakan papan X570 untuk prosesor Ryzen generasi ketiga AMD.

Simak artikel lainnya tentang Computex 2019 di kanal Tekno News.

PCMAG | THEVERGE

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close