Politik

Polda-Ansor amankan kunjungan Ma’ruf Amin ke Palu-Sigi

Polda-Ansor amankan kunjungan Ma’ruf Amin ke Palu-Sigi.

Palu – Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah (Sulteng) siap menerjunkan personil untuk mengawal dan mengamankan kegiatan Ketua Umum MUI Prof Dr KH Ma'ruf Amin, bersama Gerakan Pemuda Ansor dalam kunjungannya ke Palu dan Sigi pascaIdul Fitri 1440 Hijriah tahun 2019.

Ma'ruf Amin dijadwalkan akan berkunjung ke Kota Palu pada tanggal 14 Juni 2019. Ma'ruf Amin menghadiri Haul Pendiri Pendidikan Alkhairaat Habib Idrus Bin Salim Aljufri (Guru Tua) pada tanggal 15 Juni 2019, di Kompleks Alkhairaat Jalan Sis Aljufri.

Direncanakan, usai menghadiri dan mengikuti proses Haul Guru Tua, Ma'ruf Amin akan menuju Kabupaten Sigi, untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan Islamic Centre di Desa Sunju Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi.

Usai, meletakkan batu pertama Islamic Centre, Ma'ruf Amin langsung menuju Bandar Udara Mutiara Sis Aljufri Palu balik ke Jakarta.

Kapolda Sulawesi Tengah, di wakili oleh Direktur Pembinaan Masyarakat Ajun Komisaris Besar Polisi M.Ngajib S.IK dalam rapat pembahasan kunjungan Ma'ruf Amin ke Palu dan Sigi, di Kediaman Ketua MUI Sulteng Habib Ali Bin Muhammad Aljufri, meminta panitia untuk memastikan rundown acara dan tempat pelaksanaan kegiatan.

"Berdasarkan catatan kami dalam rapat bahwa ada empat titik yang perlu kami terjunkan personil pengamanan," ucap AKBP M Ngajib.

Beberapa titik yang menjadi fokus pengamanan kepolisian yaitu Bandar Udara Mutiara Palu, Alkhairaat sebagai lokasi pelaksanaan Haul Habib Idrus Bin Salim Aljufri dan lokasi peletakan batu pertama pembangunan Islamic Centre di Kabupaten Sigi.

AKBP Ngajib meminta panitia untuk memastikan jumlah peserta akan masyarakat yang akan hadir di setiap kegiatan yang di hadiri oleh KH Ma'ruf Amin.

Karena, hal itu berkaitan dengan jumlah personil kepolisian yang di turunkan untuk melakukan pengamanan, agar acara berlangsung aman dan tertib.

Seperti diketahui bahwa Ma'ruf Amin merupakan Calon Wakil Presiden RI yang berpasangan dengan Ir Joko Widodo. Dalam pencalonan dan mengikuti kegiatan kampanye, pengamanan ekstra terhadap calon wakil presiden telah dilakukan oleh negara.

Karena itu, Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah, juga akan menerapkan standar pengamanan yang sama terhadap KH Ma'ruf Amin jika ke Palu dan Sigi.

Kami siap menyambut dan mengawal Prof Dr KH Ma'ruf Amin selama berada di Palu," ucap Ketua Gerakan Pemuda Ansor Sulawesi Tengah, Alamsyah Palenga, di Palu, Senin.

Ketua MUI Sulawesi Tengah, Habib Ali Bin Muhammad Aljufri melibatkan beberapa ormas Islam dan kepolisian serta TNI dalam kegiatan kunjungan KH Ma'ruf Amin di Palu dan Sigi serta kegiatan peletakkan batu pertama Islamic Centre dan Haul Guru Tua.

Bersama pengurus MUI Sulawesi Tengah, MUI Kota Palu dan MUI Kabupaten Sigi, Alkhairaat dan Ansor, Polda Sulteng, Polres Sigi, dan TNI. Habib Ali Bin Muhammad Aljufri bersama Sekretaris Sofyan T Bachmid menggelar rapat mengenai teknis penjemputan dan sebagainya terkait Kunjungan Ketum MUI Pusat itu.

Rapat itu membahas beberapa hal penting antara lain, kegiatan Ma'ruf Amin pada tanggal 14/6 malam saat tiba di Kota Palu. Kemudian, penjemputan, persiapan acara peletakan batu pertama Islamic Centre dan pengamanan.

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close