Arena

Jakabaring Sport City Jadi Tuan Rumah Motocross Grand Prix (MXGP) 19

Jakabaring Sport City Jadi Tuan Rumah Motocross Grand Prix (MXGP) 19. 28 negara peserta akan hadir di Palembang

Palembang, – Kota Palembang dipastikan akan menjadi tuan rumah kejuaraan Motocross Grand Prix (MXGP) 2019.

Kepastian diselenggarakannya kejuaraan motor cross tersebut diungkapkan langsung oleh ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sadikin Aksa beserta Gubernur Sumsel Herman Deru di Kantor Gubernur Sumsel, Senin (27/5).

1. Bangun sirkuit 1,6 hektar di Jakabaring Sport City (JSC)

Jakabaring Sport City Jadi Tuan Rumah Motocross Grand Prix (MXGP) 19

Bertempat di Jakabaring Sport City (JSC) dengan lahan 1,6 hektar, pihak IMI meyakini jika lintasan tersebut akan selesai usai Hari Raya Idul Fitri nanti. Pembuat sirkut asal Yunani dipercaya untuk menggarap lahan yang berada di JSC tersebut.

“Pembuatan sirkuitnya tidak sampai satu bulan. Memang sangat cepat dibandingkan sirkuit MotoGP. Pengerjaannya akan dimulai setelah lebaran,” ujar Sadikin.

Dia pun menambahkan, Palembang menjadi tuan rumah bersama Semarang untuk kejuaraan tahun 2019 ini. Faktor suksesnya SEA Games 2011 dan Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Palembang dianggap tepat untuk menunjuk kota ini sebagai tuan rumah. 

“Tahun ini, kita memutuskan penyelenggaraannya di Semarang dan Sumatera. Untuk Sumatera diputuskanlah Palembang, karena jaraknya lebih dekat. Sehingga penonton yang datang lebih banyak,” jelas dia.

2. Tandatangani MoU kerja sama

Jakabaring Sport City Jadi Tuan Rumah Motocross Grand Prix (MXGP) 19

Dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Gubernur Sumsel Herman Deru, pihaknya memastikan pelaksanaan kejuaraan akan berlangsung pada 6-7 Juli mendatang.

Menurut Deru, pembangunan sirkuit ini tidak akan menggunakan anggaran dari APBD maupun APBN. Pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 1,6 hektar untuk digarap.

“Motocross gak mahal, jika pun menggunakan APBD, seminimal mungkin. Palembang dipilih karena di sini memang benar-benar siap. Karena lahannya juga sudah disiapkan,” jelas dia.

3. Diperkirakan akan tingkatkan perekonomian masyarakat

Jakabaring Sport City Jadi Tuan Rumah Motocross Grand Prix (MXGP) 19

Menurut Deru, dari terselenggaranya event internasional di Kota Palembang kali ini, pihaknya memastikan ada 1.500 turis yang akan ke datang saat kejuaraan tersebut berlangsung.

Hal itu diperkirakan akan mengundang wisatawan dari 28 negara peserta dan menarik wisatawan untuk mencicipi kuliner dan oleh-oleh khas Palembang.

“Kenapa saya lebih memilih Motocross kenapa gak MotoGP? Dulu kita berbicara MotoGP pembiayaannya tidak sederhana, bisa habis Rp1 triliun, bahkan bisa lebih. Sumsel mampu, cuma sekarang ini saya berfikir bagaimana keterlibatan masyarakat. Motocross ini peminatnya lebih banyak dari MotoGP, bahkan seluruh kalangan masyarakat, baik tua maupun muda,” ujar Deru.

Tags
Back to top button
Close
Close