5 Wisata di Pekanbaru Ini Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran

5 Wisata di Pekanbaru Ini Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran. #RamadanMasaKini Dijamin seru, deh!  

Pekanbaru merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal memiliki banyak sekali destinasi wisata unik yang wajib dijelajahi oleh para wisatawan. Menariknya lagi sebagian besar tempat wisata tersebut bisa dikunjungi secara gratis. Jadi, sangat cocok menjadi alternatif liburan bersama keluarga dan teman-teman saat lebaran nanti. Berikut lima rekomendasinya. Simak, ya.

1. Desa Wisata Okura

5 Wisata di Pekanbaru Ini Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Desa Wisata Okura yang terletak di jalan Raja Panjang Okura, kecamatan Tebing Tinggi Okura, kabupaten Rumbai Pesisir disebut-sebut sebagai surga tersembunyi di Pekanbaru. Suasana di desa yang masih sangat kental akan budaya Melayunya ini ternyata cukup asri dan sejuk karena dikelilingi oleh banyak pohon kelapa sawit.

Selain menikmati pemandangan alam sembari mengabadikannya dalam jepretan foto yang menarik, kamu juga bisa memancing di aliran sungai Siak yang jernih, lho. Sangat menarik, bukan? Apalagi kamu tidak akan dipungut biaya untuk bisa memasuki kawasan Desa Wisata Okura ini. 

2. Sungai Siak

5 Wisata di Pekanbaru Ini Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Sungai Siak di kabupaten Kampung Dalam merupakan salah satu sungai terbesar di Pekanbaru. Waktu terbaik untuk mengunjungi sungai Siak adalah ketika sore hari menjelang matahari terbenam karena pemandangan pada saat itu sangat indah.

Di sekitar sungai Siak banyak berdiri warung makan terapung yang menyediakan aneka macam kuliner khas Sumatera. Seperti halnya Desa Wisata Okura, kamu juga tidak akan dipungut biaya untuk bisa menikmati pesona sungai Siak.

3. Kawah Biru

5 Wisata di Pekanbaru Ini Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Kawah Biru terletak di desa Tanah Merah, kecamatan Siak Hulu, kabupaten Kampar. Tempat wisata ini mirip dengan danau Kawah Putih di Bandung. Kawah Biru sendiri sebenarnya adalah bekas lokasi galian pasir berwarna putih bening yang berubah menjadi biru kehijauan setelah terisi air hujan. Lagi-lagi, tempat wisata yang satu ini bisa kamu kunjungi secara gratis. 

4. Anjungan Seni Idrus Tintin

5 Wisata di Pekanbaru Ini Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Anjungan Seni Idrus Tintin di jalan Jendral Sudirman, Tangkerang Selatan, kecamatan Bukit Raya, kabupaten Simpang Tiga memiliki bangunan gedung unik yang arsitekturnya sangat kental akan nuansa Melayunya. Di luar gedung banyak ditemui para penjual makanan dan minuman khas Pekanbaru. Jadi, kamu bisa sekaligus melakukan wisata kuliner ya, guys.

Uniknya lagi Anjungan Seni Idrus Tintin yang buka mulai pukul 09.00 hingga 17.00 ini juga menambah daftar tempat wisata di Pekanbaru yang bisa dikunjungi secara gratis. 

5. Istana Siak Sri Indrapura

5 Wisata di Pekanbaru Ini Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Istana Siak Sri Indrapura di jalan Sultan Syarif Kasim, kecamatan Kampung Dalam, kabupaten Siak ini merupakan bekas peninggalan kerajaan Islam terbesar di Riau abad 16 hingga abad 20. Di sini kamu akan disuguhkan dengan berbagai macam peninggalan kerajaan Siak Sri Indrapura yang meliputi meriam, keris, alat makan, cermin permaisuri dan masih banyak lagi yang lainnya.

Salah satu koleksi yang sangat mencuri perhatian pengunjung adalah adanya alat musik Komet yang ternyata jumlahnya hanya ada dua saja di dunia, pertama di Indonesia tepatnya di Istana Siak Sri Indrapura ini dan yang kedua di Jerman.

Berbeda dengan tempat wisata sebelumnya, kamu akan dikenakan biaya sekitar Rp5.000 untuk bisa memasuki Istana Siak Sri Indrapura dimana biaya tersebut termasuk sangat terjangkau. 

Itulah lima tempat wisata di Pekanbaru yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga atau teman saat libur lebaran nanti. Yuk, buruan masukkan semua tempat wisata tersebut ke dalam bucketlist-mu!