Bumn untuk negeri

Jaringan bawah air PLN terputus, pemadaman tiga kecamatan

Jaringan bawah air PLN terputus, pemadaman tiga kecamatan.

Pontianak – Jaringan transmisi di bawah air PLN yang berada Teluk Melano, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar terputus yang mengakibatkan padam di tiga kecamatan di daerah itu.

"Kabel listrik bawah air di Jembatan Teluk Melano yang menghubungkan tiga kecamatan tersebut diduga putus dihantam jangkar dari ponton yang hanyut. Sehingga bisa memutus distribusi listrik ke pelanggan di tiga kecamatan," ujar Kepala Rayon Sukadana Andrew Oktora di Sukadana, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa putusnya jaringan PLN tersebut pada pukul 21.00 WIB kemarin.

"Sistem kini terputus. Kita dapat informasi dari petugas ada ledakan di tiang listrik dekat jembatan, setelah di cek oleh petugas kami ternyata sambungan kabelnya patah, dan dicek kembali ternyata kabelnya tertarik ke tengah sungai,"tambah dia.

Dengan kejadian tanpa diduga tersebut pihaknya sedang mencari alternatif lain, dengan memperbaiki sambungan kabel lama yang berada di sisi jembatan. Namun demikian dirinya tidak bisa menjanjikan, listrik bisa menyala secepat mungkin dikarenakan saat ini sedang proses perbaikan.

"Kami sedang memperbaiki kabel lama kita yang ada di jembatan, mudah – mudahan ini berhasil, karena tadi malam,l kami dan pihak tongkang sudah berusaha mencari kabel kita yang tertarik, namun tidak ketemu,"kata dia.

Padamnya listrik di daerah itu juga mengakibatkan jaringan seluler mati. Sehingga berdampak pada sulitnya akses informasi masyarakat.

Sementara itu, Kepala Desa Teluk Melano Hasnawi berharap agar PLN bisa segera memperbaiki dan menyalakan listrik yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Apalagi saat ini menurutnya masyarakat sangat membutuhkan listrik untuk persiapan menyambut hari raya Idul Fitri.

"Apalagi nanti malam ini takbiran, saya sangat kasihan dengan masyarakat saya yang sangat membutuhkan yang nama listrik ini. Sekarang zaman sudah modern banyak alat – alat yang menggunakan tenaga listrik. Jadi mudah – mudahan pihak PLN bisa segera memperbaiki, listrik yang saat ini tidak bisa digunakan,"Harapnya.

Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Rantau Panjang berkapasitas 6 Mega Watt (MW) yang sejak akhir tahun 2017 telah memasok listrik untuk di tiga kecamatan yang ada di Kayong Utara yaitu kecamatan Simpang Hilir, Teluk Batang dan Seponti tersebut.

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close