Indonesia

Ikut Berkeliling, Anies Sampaikan Alasan Takbiran Boleh Digelar

Ikut Berkeliling, Anies Sampaikan Alasan Takbiran Boleh Digelar. Anies ikut bertakbir di rusun KS Tubun

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut serta dalam acara takbiran di rusun KS Tubun, Jakarta Barat. Ia mengatakan takbiran adalah tradisi yang tidak boleh hilang. 

Ia terlihat tiba di Rusun KS Tubun sekitar pukul 20:42 pada Selasa malam (4/6). Ia nampak mengenakan baju muslim dan peci berwarna hitam. 

Di hadapan sebagian warga DKI Jakarta, Anies mengatakan takbiran adalah bagian dari tradisi untuk merayakan kemenangan. 

“Takbiran itu adalah bertakbir sepanjang malam, itu disunahkan. Kita di Indonesia punya kebiasaan mengadakan takbir keliling. (Takbir keliling) merupakan sebuah tradisi yang dulunya kita menggunakan obor berkeliling kampung, karena waktu itu belum ada lampu,” kata Anies pada Selasa malam kemarin. 

Lalu, bagaimana jalannnya takbir keliling di Jakarta semalam?

1. Anies klaim malam takbiran berlangsung aman karena Pemprov DKI telah berkoordinasi dengan baik

Ikut Berkeliling, Anies Sampaikan Alasan Takbiran Boleh Digelar

Menurut Anies, malam takbir keliling yang digelar pada Selasa malam berlangsung aman. Hal itu lantaran Pemprov DKI Jakarta telah berkoordinasi dengan baik. 

“Alhamdulilah, sejauh ini (malam takbir) berjalan baik. Aparat kepolisian yang bertugas dan jajaran kita juga memantau semua wilayah dan kegiatan untuk takbiran dikoordinasikan oleh jajaran baik camat, lurah, walikota sehingga sudah ada persiapan,” kata Anies semalam. 

2. Pemprov DKI fokus pada pengelolaan lalu lintas

Ikut Berkeliling, Anies Sampaikan Alasan Takbiran Boleh Digelar

Lebih lanjut, Anies mengatakan pada malam takbiran kali ini, pihaknya lebih mengutamakan pengelolaan lalu lintas karena banyak orang turun ke jalan untuk ikut bertakbir.

“Lebih banyak kepada soal pengelolaan lalin kemudian juga Insya Allah suasana bukan tak penuh kendaraan lagi karena lebih longgar,” kata dia.

3. Anies turut ikut bertakbir keliling

Ikut Berkeliling, Anies Sampaikan Alasan Takbiran Boleh Digelar

Sebelum menghadiri perayaan takbir di Rusunawa KS Tubun, Palmerah, Jakarta Barat Anies mengaku ikut takbiran keliling di sejumlah wilayah di DKI Jakarta.

“Saya nanti akan ikut takbir keliling, mengalir saja, jadi tidak ada rute yang khusus. Kita koordinasikan terus dengan jajaran Dinas Perhubungan, memastikan semua lancar, dan saya nanti akan menyapa warga-warga yang takbiran keliling,” kata mantan Mendikbud tersebut.

4. Warga memenuhi jalanan untuk takbiran

Ikut Berkeliling, Anies Sampaikan Alasan Takbiran Boleh Digelar

Pantauan di sejumlah lokasi di Jakarta, warga telah mulai memadati jalanan untuk takbir keliling. Beragam moda transportasi digunakan warga mulai dari bus umum, motor, hingga mobil. Panggung-panggung perayaan juga telah berdiri tegak di sejumlah titik.

Suara ribuan kembang api yang dibakar turut menyemarakan suasana malam takbiran di Jakarta.

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close