Fitness

7 Manfaat Besar Buah Markisa Bagi Tubuh, Menyehatkan!

7 Manfaat Besar Buah Markisa Bagi Tubuh, Menyehatkan!. Bisa menghilangkan galau juga lho guys! 

Markisa merupakan buah yang termasuk dalam keluarga Passiflora, dan berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika. Buah yang berbentuk bulat dan berselaput biji kuning ini, biasanya tumbuh di daerah yang beriklim hangat, seperti India, Australia, Amerika Selatan, dan Afrika Selatan. Di Indonesia, buah markisa terdiri dari dua jenis lho, yaitu markisa ungu (tumbuh di dataran tinggi), dan markisa kuning (tumbuh di dataran rendah).

Ternyata, buah markisa gak hanya memiliki rasa yang lezat saja, namun juga kaya akan antioksidan, dan nutrisi penting lainnya, yang mampu menawarkan banyak manfaat untuk tubuh kita. Penasaran apa saja manfaat buah markisa bagi tubuh kita? Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini!

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

7 Manfaat Besar Buah Markisa Bagi Tubuh, Menyehatkan!

Manfaat buah markisa untuk tubuh yang pertama adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah markisa, berperan sebagai antioksidan, yang dapat melindungi dari kerusakan-kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain itu, kandungan vitamin C tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan cara membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi dari makanan nabati, serta meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

2. Mendukung kesehatan usus

7 Manfaat Besar Buah Markisa Bagi Tubuh, Menyehatkan!

Buah markisa juga merupakan sumber serat yang baik lho guys, di mana serat berperan penting dalam kesehatan usus. Serat yang banyak terkandung pada daging buah markisa ini, dapat membantu mengatur sistem pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga usus agar tetap sehat.

Selain itu, serat pada buah markisa ini, juga membantu dalam proses diet lho, karena serat tersebut akan membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga menurunkan keinginan untuk makan kembali, yang nantinya dapat berujung pada penurunan berat badan.

3. Melawan kanker

7 Manfaat Besar Buah Markisa Bagi Tubuh, Menyehatkan!

Kandungan antioksidan pada buah markisa, dapat menghilangkan radikal bebas lho, di mana radikal bebas tersebut jika dibiarkan dapat menyebabkan terjadinya mutasi DNA sel sehat, menjadi sel kanker. Selain itu, menurut Journal Food Research International, kandungan vitamin C, flavonoid, dan senyawa fenolik yang terdapat pada buah markisa, bersifat anti-kanker.

4. Menurunkan kolestrol jahat

7 Manfaat Besar Buah Markisa Bagi Tubuh, Menyehatkan!

Tak hanya dapat melawan kanker, buah markisa juga mampu menurunkan kolestrol jahat. Buah markisa secara alami dapat meningkatkan kadar HDL atau kolestrol baik, dan menurunkan kadar LDL atau kolestrol jahat. Dengan menurunnya kadar kolestrol jahat (LDL), maka akan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Mengobati gangguan pernafasan

7 Manfaat Besar Buah Markisa Bagi Tubuh, Menyehatkan!

Sebuah penelitian dalam jurnal Nutritional Research, menunjukkan fakta bahwa, kombinasi berbagai ekstrak dari kulit buah markisa yang berwarna ungu, dapat menciptakan campuran bioflavonoid yang baru, di mana campuran tersebut memiliki efek enspektoran, sedatif, dan memberikan efek yang menenangkan pada sistem pernafasan. Hal tersebut berdampak positif lho pada gangguan pernafasan, seperti pengurangan serangan asma, mengi, dan batuk rejan.

6. Meningkatkan mood secara alami dan mencegah Alzheimer

7 Manfaat Besar Buah Markisa Bagi Tubuh, Menyehatkan!

Alkaloid yang terdapat pada buah markisa, dapat memberi dampak yang positif lho pada seluruh sistem saraf, contohnya saja seperti penambah mood secara alami. Selain itu, para ilmuwan berpendapat bahwa, kandungan magnesium yang tinggi dan mineral penting pada buah markisa, dapat menyebabkan penurunan tingkat stres dan kecemasan.

Selain dapat menambah suasana hati, buah markisa juga mampu untuk mencegah penyakit syaraf seperti Alzheimer. Kandungan berbagai macam antioksidan, folat, dan potasium pada buah markisa, dapat memberikan manfaat pada neurologis, seperti mencegah Alzheimer.

7. Meningkatkan kepadatan tulang

7 Manfaat Besar Buah Markisa Bagi Tubuh, Menyehatkan!

Selain dapat meningkatkan mood secara alami, buah markisa juga bisa meningkatkan kepadatan tulang. Buah markisa merupakan sumber mineral yang baik, seperti zat besi, magnesium, tembaga, dan fosfor, di mana semua sumber mineral tersebut, sangat penting untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang, dan kekuatan tulang.

Selain itu, sumber mineral tersebut juga berperan sebagai integral, dalam memperkuat bahan tulang yang ada, menciptakan bahan tulang tambahan, dan mempercepat proses perbaikan, yang nantinya juga dapat mengurangi risiko osteoporosis dan peradangan yang terjadi karena kondisi tulang yang semakin memburuk, akibat penambahan usia dan aktivitas yang berlebihan.

Nah, itulah ulasan dari 7 manfaat besar buah markisa bagi tubuh, yang ternyata memberikan efek yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat!

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close