Inspiration

5 Penyebab Umum Kenapa Sulit Menatap Lawan Saat Berbicara

5 Penyebab Umum Kenapa Sulit Menatap Lawan Saat Berbicara. Jangan terjebak dalam zona nyamanmu! 

Kesulitan dalam menatap lawan bicara, mungkin menjadi momok bagi kamu yang mengalaminya. Terkadang kamu sering mengurung atau mengasingkan diri di tempat yang gak ada keramaian, hanya karena kamu ingin menghindari kontak mata dengan orang-orang sekitar.

Kamu selalu menundukkan kepala bahkan mencari-cari pandangan lain demi tidak menatap matanya. Kejadian seperti ini bukan karena takut menatap mata orang yang kita cintai, tapi ketakutan menatap mata semua orang. Kalau sudah seperti ini pasti kamu merasakan kalau bertemu orang itu mengerikan. Wah, makin parah kalau gak segera diatasi nih.

Berikut lima hal yang bisa jadi penyebab kamu sulit melakukan kontak mata dengan orang lain. Ada di kamu gak nih?

1. Gak percaya diri

5 Penyebab Umum Kenapa Sulit Menatap Lawan Saat Berbicara

Gak yakin pada diri sendiri akan membuat dirimu merasa down. Akibatnya, kamu akan memilih untuk tetap berada pada zona nyamanmu dan gak berani menatap lingkungan sekitar maupun melakukan kontak mata dengan orang lain.

Rasa ketidakpercayaan diri ini timbul bisa disebabkan oleh banyak faktor, contohnya kulit kamu hitam, kamu jerawatan, malu sama orang karena gak pandai ngobrol, dan masih banyak lagi. Nah, untuk menangani hal di atas kamu perlu latihan gimana caranya biar kamu bisa melawan rasa gak pede kamu.

2. Merasa bahwa kita gak pandai memulai pembicaraan

5 Penyebab Umum Kenapa Sulit Menatap Lawan Saat Berbicara

Sulit memulai sebuah percakapan mungkin dialami oleh orang asing dan orang yang berkepribadian introvert. Tapi kadang, orang ekstrovert pun juga sering kehabisan ide atau topik pembicaraan. Hal itu membuat diri menjadi canggung dan bingung dan akhirnya hanya menundukan kepala, seolah gak mau berkontak mata dengan lawan bicara.

Untuk memulai pembicaraan kita bisa bertanya hal yang ringan-ringan dulu, bisa jadi hal yg ada di lingkungan sekitar dan belajar jangan canggung terhadap lawan bicara.

3. Memikirkan hal buruk yang orang lain pikirkan tentang kita

5 Penyebab Umum Kenapa Sulit Menatap Lawan Saat Berbicara

Kebiasaan ini perlu dihilangkan, belum tentu orang di sekitar kamu memikirkan hal buruk tentang kamu, mungkin itu hanya perasaan kamu saja, karena kamu terlalu ribet sendiri memikirkan diri kamu jadi hal negatif pun akan hinggap di pikiran kamu.

Cobalah kamu hidup dengan optimis, berpikiran positif pasti akan membuat kamu lebih nyaman dan terbuka dengan orang lain. Jadi kamu gak perlu takut lagi berkontak mata dengan orang lain.

4. Selalu menganggap sesuatu gak akan mungkin terjadi pada diri kamu

5 Penyebab Umum Kenapa Sulit Menatap Lawan Saat Berbicara

Sikap yang selalu menganggap diri sendiri gak akan pernah bisa melakukan apa pun, ini akan menimbulkan pengaruh negatif buat kamu. Contoh sederhananya kamu pengin ranking satu di kelas, tapi kamu selalu beranggapan bahwa kamu gak mampu melakukan karena gak mungkin bisa menyaingi mereka yang hebat-hebat.

Hal seperti itu membuat diri kamu menjadi takut kalau bertemu dengan orang lain hanya karena kamu sibuk bergelut dengan pikiran yang membuat rugi diri kamu sendiri.

5. Berpikir bahwa kehadiran kita gak dihargai dan disenangi orang sekitar

5 Penyebab Umum Kenapa Sulit Menatap Lawan Saat Berbicara

Orang yang memiliki pemikiran sempit akan berpikir bahwa kehadirannya akan membuat beban dan merugikan bagi orang lain. hal itu akan membuat dirimu takut berhadapan dan berkontak mata dengan orang lain.

Padahal kalau kamu terus berpemikiran seperti itu, sadar atau gak sadar, maka pikiran bawah sadar kamu akan mulai menerimanya dan menjadi sebuah fakta. Yang tadinya hanya pikiran malah jadi kenyataan. Maka, hindarilah berprasangka buruk terhadap diri sendiri, ciptakan kenyamanan diri dan buang jauh-jauh pemikiran negatif.

Nah, itu tadi 5 alasan yang mungkin jadi penyebab kamu sulit menatap mata lawan. Ingat! Kuncinya semua cuma satu, yaitu hindari pemikiran negatif. Semangat, ya!

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close