Soccer

UEFA Nations League: Belanda vs Inggris, Auman Sepasang Singa Eropa

UEFA Nations League: Belanda vs Inggris, Auman Sepasang Singa Eropa. Laga di Guimaraes ini punya makna krusial bagi kedua tim

Belanda dan Inggris, dua tim yang akan bersua di semi final UEFA Nations League 2018/19, memiliki persamaan. Pertama, kedua tim sama-sama mengadopsi singa untuk lambang federasi dan timnasnya. Kedua, masing-masing kubu disebut tengah menikmati fase kebangkitan usai prestasi internasional yang selalu tiarap.

Belanda, berkat suntikan sejumlah nama baru dan anak-anak muda Ajax, sukses membalikkan cibiran pengamat. Tergabung di ‘grup neraka’ bersama Jerman dan Prancis si juara Piala Dunia 2018, mereka justru finis sebagai pemuncak klasemen. Selain menyikat Der Panzer dan Les Blues, mereka jadi tim tersubur di Grup A.

Inggris tengah melanjutkan momen emas pasca menembus semi final Piala Dunia 2018. Mereka keluar dari lubang jarum sebagai juara Grup D yang juga diisi Spanyol serta Kroasia. Satu tiket ke babak final four disabet usai menundukkan Hrvatska dengan susah payah di Wembley pada matchday terakhir penyisihan grup.

1. Belanda hendak akhiri puasa gelar internasional sejak 1988

UEFA Nations League: Belanda vs Inggris, Auman Sepasang Singa Eropa

Berangkat ke Portugal, De Oranje mengusung misi mengakhiri puasa gelar sejak menjuarai Euro 1988. Peluang yang sudah di depan mata tentu saja takkan mereka lepas. Sang lawan bukanlah kesebelasan yang bisa dipandang sebelah mata, namun Virgil van Dijk beserta kolega amat optimis dengan target trofi.

“Ini akan menjadi laga yang fantastis. Inggris, seperti Belanda, tengah mengalami perkembangan signifikan. Mereka juga memberi pemain muda kesempatan dan punya  banyak pemain berkualitas. Saya harap pertandingan berjalan seimbang, yang tergantung pada bagaimana tim bermain dan kualitas individu.

Inilah peluang kami untuk memenangkan gelar. Sudah tiba saatnya bagi Belanda,” pungkas pelatih Belanda, Ronald Koeman, dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Rabu (5/6) kemarin seperti dikutip dari UEFA.com.

Belanda sendiri diperkirakan turun dengan skuad utama. Virgil van Dijk dan Georginio Wijnaldum tengah on fire dan diharap menularkan semangat Liverpool di Liga Champions kemarin. Begitu pula dengan bek 19 tahun sekaligus kapten Ajax, Matthijs de Ligt.

2. Skuad The Three Lions datang ke Portugal dengan membidik gelar juara

Senasib dengan Belanda, Inggris juga hendak menuntaskan paceklik gelar internasional. Bedanya mereka jauh lebih lama bersabar ketimbang sang lawan yakni sejak Piala Dunia 1966, atau sejak 53 tahun silam. Gareth Southgate, sang juru taktik The Three Lions, turut mengusung target maksimal kala berjuang di Semenanjung Iberia pekan ini.

“Kami ingin terlibat dalam pertandingan yang sangat penting, dan kompetisi ini telah menyediakannya. Kami baru saja mendapat pengalaman luar biasa saat mencapai semi final Piala Dunia lalu, jadi ada keinginan untuk terus melanjutkan tren positif. Apa yang harus dilakukan adalah beralih dari tim yang selalu menembus semi final, menjadi tim yang menyabet gelar juara,” ujar eks pelatih Inggris U-21 tersebut dalam kesempatan yang sama.

Lebih jauh, sosok 48 tahun tersebut rupanya memberi sinyal bakal mencadangkan dua pilar pentingnya yakni gelandang Jordan Henderson dan ujung tombak sekaligus kapten tim Harry Kane. Mereka baru saja terlibat di partai puncak Liga Champions 2018/19 akhir pekan lalu di Madrid.

3. Terakhir kali kedua tim saling jajal yakni di babak penyisihan Grup A Euro 1996, di mana De Oranje dilibas 4-1

UEFA Nations League: Belanda vs Inggris, Auman Sepasang Singa Eropa

Prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

Belanda (4-3-3) :

Jasper Cillessen; Denzel Dumfries, Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Daley Blind; Marten de Roon, Frenkie de Jong, Georginio Wijnaldum; Ryan Babel, Memphis Depay, Quincy Promes

Inggris (4-3-3) :

Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Ben Chilwell; Ross Barkley, Declan Rice, Dele Alli; Jadon Sancho, Marcus Rashford, Raheem Sterling

Catatan lima pertemuan terakhir :

23/03/2018 Belanda 0-1 Inggris (Uji Coba)

29/03/2016 Inggris 1-2 Belanda (Uji Coba)

23/02/2012 Inggris 2-3 Belanda (Uji Coba)

12/08/2009 Belanda 2-2 Inggris (Uji Coba)

15/11/2006 Belanda 1-1 Inggris (Uji Coba).

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close