Dining guide

5 Alasan Pisang Bisa Jadi Makanan Pokok Pengganti Nasi

5 Alasan Pisang Bisa Jadi Makanan Pokok Pengganti Nasi. Pisang layak jadi makanan pokok!

Di Indonesia, nasi telah menjadi salah satu makanan pokok kita. Namun, hasil riset terbaru dari Consultative Group on International Agricultural Research memperkiraan tiga jenis bahan pangan penting penyedia kalori, seperti tepung jagung, nasi, dan gandum akan makin turun produksinya di negara-negara berkembang.

Survei terbaru menyatakan pisang diramalkan bisa menjadi sumber makanan pokok dunia pada suatu saat akibat krisis pangan dan perubahan iklim. Bagaimana bisa? Berikut ulasan tentang pisang sebagai makanan pokok yang bisa kamu konsumsi di masa depan.

1. Kandungan gizi pisang setara dengan nasi

5 Alasan Pisang Bisa Jadi Makanan Pokok Pengganti Nasi

Jika tak sempat makan nasi, kita bisa menggantinya dengan pisang. Bukan tanpa alasan mengapa pisang bisa membuat kita merasa kenyang untuk beberapa jam. Kandungan gizi dalam buah pisang ternyata cukup banyak, selain itu kandungan karbohidratnya cukup tinggi untuk menggantikan nasi jika memang kita belum sempat makan nasi.

Secara umum kandungan gizi dalam satu buah pisang matang adalah 99 kalori, 25,8 mg karbohidrat, 1,2 gr protein, 0,7 gr serat, 8 mg kalsium dan 0,2 gr lemak. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan juga air. Makan pisang membuat perut terasa kenyang karena karbohidrat yang terkandung di dalam pisang tergolong dalam karbohidrat yang dicerna secara lambat.

2. Makanan pokok di Afrika adalah pisang

5 Alasan Pisang Bisa Jadi Makanan Pokok Pengganti Nasi

Jika kita mengkonsumsi pisang sebagai buah, beda cerita di Afrika. Di sana pisang justru menjadi makanan pokok. Bahkan di Afrika pisang diolah menjadi tepung pisang. Olahan tepung pisang dikonsumsi dengan cara dibuat bubur, roti, kue, dan adonan tipis yang dipanggang.

Hampir tak ada konsumsi beras di sejumlah wilayah Afrika. Orang Afrika menjadikan pisang makanan pokok karena tekanan harga, pasokan yang lebih mudah didapat, atau karena lebih mudah dimasak. 

3. Kentang di berbagai negara akan diganti pisang

5 Alasan Pisang Bisa Jadi Makanan Pokok Pengganti Nasi

Para peneliti pertanian menyimpulkan bahwa kentang yang tumbuh di suhu dingin, kemungkinan akan turun produksinya seiring naiknya suhu bumi dan cuaca yang makin tak tentu. Pisang berpotensi menggantikan peran kentang di sejumlah negara.

Meski pisang punya sejumlah keterbatasan, namun pisang juga bisa menjadi kandidat bagus untuk menggantikan peran kentang walau tidak sepenuhnya, tetapi mungkin di tempat-tempat yang suhunya mulai naik, pisang bisa jadi salah satu opsi untuk dimanfaatkan petani kecil.

4. Pisang menyehatkan saluran cerna

5 Alasan Pisang Bisa Jadi Makanan Pokok Pengganti Nasi

Dalam pisang terkandung serat, karbohidrat yang membantu mengatur sistem pencernaan tubuh dengan membantu mempertahankan gerakan usus tetap teratur. Kandungan pektin pisang juga membantu meningkatkan pencernaan secara keseluruhan dan mencegah sembelit. Selain itu, pisang juga memiliki efek antasid yang membantu mencegah penyakit maag kambuh. Makan pisang secara rutin membantu mengurangi risiko kanker lambung.

5. Pisang meningkatkan fungsi ginjal

5 Alasan Pisang Bisa Jadi Makanan Pokok Pengganti Nasi

Makan pisang adalah cara termudah untuk tubuh kita mendapat kecukupan potasium. Potasium pada pisang memiliki manfaat yang baik bagi ginjal. Ketika tubuh kita mendapatkan cukup potasium, tubuh akan mengontrol pengeluaran kalsium dalam urin.

Kondisi cukup potassium akan membuat ginjal kita tetap berfungsi baik, selain itu juga mengurangi risiko batu ginjal. Perlu diketahui bahwa pisang memiliki tingkat senyawa fenolik antioksidan yang tinggi, yang berperan membantu melindungi ginjal.

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close