Ekonomi

Lebaran hari kedua kawasan Kaliurang mulai dipadati wisatawan

Lebaran hari kedua kawasan Kaliurang mulai dipadati wisatawan.

Sleman – Kawasan destinasi wisata alam lereng Gunung Merapi, Kaliurang di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Lebaran hari kedua, Kamis, mulai dipadati wisatawan baik wisatawan lokal maupun domestik.

"Pada Lebaran hari kedua ini memang sudah terasa ada peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung," kata petugas Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Kaliurang Mudhofir.

Menurut dia, peningkatan jumlah wisatawan melalui TPR tersebut mulai terjadi sekitar pukul 08.00 WIB, baik itu dengan kendaraan roda dua maupun mobil pribadi, ada juga bus rombongan wisatawan.

"Jika dilihat dari nomor polisi kendaraan, pengunjung masih merupakan wisatawan lokal. Dari sekitar Yogyakarta dan Sleman. Namun ada beberapa juga yang berpelat nomor dari luar daerah," katanya lagi.

Ia mengatakan, pada hari H Lebaran, kawasan Kaliurang masih sepi pengunjung.

"Kemarin mungkin masyarakat masih menggunakan waktu untuk bersilaturahmi, hari ini mereka mulai berwisata," katanya pula.

Mudhofir mengatakan, peningkatan jumlah pengunjung tersebut akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan, terutama pada Sabtu (8/6) dan Minggu (9/6).

"Kemungkinan setelah itu pengunjung mulai menurun lagi, karena banyak masyarakat yang sudah mulai masuk kerja, terutama aparatur sipil negara (ASN)," kata dia.

Di kawasan Kaliurang terdapat sejumlah lokasi wisata seperti Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), Tlogo Putri, Bukit Plawangan, Bukit Pronojoyo, Telaga Muncar, Air Terjun, Gardu Pandang Merapi, Taman Rekreasi Keluarga serta wisata kuliner Jadah Tempe.

Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menargetkan jumlah kunjungan wisatawan pada libur Lebaran selama periode 30 Mei 2019 sampai dengan 9 Juni 2019 berada di antara 350.000 hingga 400.000 kunjungan.

"Jumlah tersebut tidak termasuk pengunjung wisata belanja di pusat-pusat perbelanjaan dan wisata kuliner di sejumlah sentra kuliner di Sleman," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih.

Menurut dia, jumlah tersebut berdasarkan prediksi akan ada peningkatan kunjungan ke destinasi wisata alam seperti Taman Tebing Breksi, Prambanan, wisata air Blue Lagoon, di Kecamatan Ngempkak dan kawasan lereng Merapi Kaliurang, termasuk kawasan terdampak erupsi Kaliadem dan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM).

"Kawasan wisata alam tersebut diperkirakan akan menjadi favorit wisatawan utamanya pada periode libur setelah Lebaran pada 6 hingga 9 Juni 2018," katanya pula.

Ia mengatakan, besar peningkatan kunjungan di destinasi wisata alam ini berkisar antara 15 hingga 20 persen.

"Prediksi kami peningkatan kunjungan wisatawan tertinggi diperkirakan terjadi di Taman Tebing Breksi, Prambanan," katanya lagi.

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close