230

Amplop dan Soto Tangkar Penyambung Silaturahmi di Keluarga Mandra

Amplop dan Soto Tangkar Penyambung Silaturahmi di Keluarga Mandra. Tradisi Betawi masih kental dalam keluarga Mandra. Lebaran tiba itu berarti, saatnya bocah-bocah mendapat THR atau amplop Lebaran.

Jakarta –

Tradisi Betawi masih kental dalam keluarga Mandra. Lebaran tiba itu berarti, saatnya bocah-bocah mendapat THR atau amplop Lebaran.

Mandra pun mengalami hal yang sama yakni bagi-bagi THR ke cucu, anak, dan keponakan. Bagi-bagi amplop Lebaran jadi tradisi yang mau tak mau dilakukan oleh Mandra.

“Bahasanya Lebaran, tapi kadang-kadangyang jadi satu tradisi kita kan datang ke rumah si A, apa sih kalau yang tua silaturahmi, kalau anak-anak ngarepin amplopnya. Nah ntar dia datang ke suatu tempat keluarga yang lain ya pasti tujuan si anak-anak itu. Karena itu bagian dari tradisi kalau kita ga lakoni dalam setiap sstahun sekali itu udah jasi bagian dari harapan anak-anak ya harus kita lakonin,” cerita Mandra ditemui di rumah Rano Karno di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2019).

Untuk urusan bujet THR, Mandra tak mau memaksakan. Akan tetapi, zaman sekarang sudah pasti bujetnya mencapai jutaan rupiah.

“Kalau kayak gitu kan relatif, siapa, dan bagaimana ya semampunya kita. Kita nggak usah maksain, kalau itu memang di luar kemampuan kalau memang ada kenapa nggak,” tukasnya.

“Cucu mah sudah nggak pakai begini juga dia balik lagi relatif terlepas masalah jumlahnya dia nggak mau lihat itu. Tapi paling kagak, biasanya ada (amplop) udah. dari keluarga lain juga pada ngasih. Makanya demen, alhasil kalau anak kecil tahunya ‘gue datang ke sana dapat amplop’, silaturahmi dalam budaya itu. Anak kecil kan biasanya nggak mau atau apa tapi karena amplop mau (jalan ke rumah saudara),” lanjut Mandra.

Lebaran tiba, ada makanan khas yang ‘wajib’ untuk Mandra. Tidak ada makanan itu bisa jadi Mandra tidak merasakan Lebaran.

“Kalau di rumah saya orang mintanya soto tangkar. Kalau nggak ada itu nggak berasa ada Lebaran. Nggak lebaran juga bikin itu cuma balik lagi ya nggak lebaran juga bisa bikin dodol pada saat lebaran, jangan lebaran dah kalau nggak ada rasa itu. Kalau saya nggak ada itu berasa ada ganjelan, kalau Betawi bilang itu kue tua,” pungkas Mandra.

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close