Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh tidak layani arus balik Lebaran

Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh tidak layani arus balik Lebaran. Bagi masyarakat yang ingin menyeberang ke Sinabang, Pulau Simeulue atau ke daratan Aceh, untuk sementara hanya dilayani di Kabupaten Aceh Selatan.

Meulaboh – Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat tidak melayani arus balik masyarakat yang akan menyeberang ke Pulau Simeulue atau pun ke daratan Aceh seusai Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.

"Penyebab tidak ada pelayaran ini karena tidak ada jadwal kapal yang akan berangkat di Pelabuhan Meulaboh menuju ke Sinabang dan sebaliknya," kata Kepala UPTD Pelabuhan Meulaboh, Romi Masri kepada Antara, Kamis, di Meulaboh.

Selain itu, penyebab buruknya cuaca sejak sepekan terakhir juga menjadi faktor aktivitas penyeberangan kapal di wilayah ini terpaksa dihentikan, dan dialihkan ke
Pelabuhan Penyeberangan di Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan.

"Bagi masyarakat yang ingin menyeberang ke Sinabang, Pulau Simeulue atau ke daratan Aceh, untuk sementara hanya dilayani di Kabupaten Aceh Selatan," tambahnya.

Aktivitas penyeberangan dan pelayaran di Pelabuhan Meulaboh diperkirakan akan normal mulai tanggal 14 Juni 2019 mendatang, setelah jadwal keberangkatan kapal diterima dari ASDP.

Selama ini, jadwal penyeberangan kapal di Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, dilakukan setiap dua kali dalam sepekan yakni setiap Hari Jumat dan Minggu untuk keberangkatan dari Meulaboh ke Sinabang.

Sedangkan jadwal pelayaran dari Sinabang ke Meulaboh dilayani setiap hari Kamis dan Sabtu, menggunakan kapal roro KMP Labuhan Haji, pungkas Romi.