Ekonomi

Harga bawang turun tajam dan bervariasi

Harga bawang turun tajam dan bervariasi.

Ambon – Para pedagang di pasar tradisional Kota Ambon mulai menurunkan harga bawang kepada para pembeli yang datang berbelanja pada hari ketiga perayaan hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah tahun 2019.

Pantauan di pasar Mardika dan Batumerah, Jumat, pedagang menjual bawang merah maupun bawang putih rata-rata Rp40.000/Kg, walaupun masih ada pedagang yang menawarkan harga bervariasi mulai dari Rp40.000 hingga Rp45.000, atau turun dari sebelumnya Rp60.000/Kg.

"Lumayan harga bawang sudah mulai turun lagi abang, kalau yang tadinya dua hari menjelang Idul Fitri harganya cukup mahal," kata Umar, pedagang di pasar Mardika.

Ia menjual bawang merah maupun putih rata-rata Rp40.000/Kg, sekalipun ada beberapa pedagang yang masih menjual dengan harga rata-rata Rp45.000/Kg.

Menurut dia, hal itu terjadi karena pedagang masih memiliki stok yang lama, jadi kalau mau turunkan harga pasti rugi. "Terserah masyarakat yang datang berbelanja mau membeli silahkan tidak membeli juga tidak mengapa," ujarnya.

Yang pasti sekarang ini harga bawang putih maupun bawang merah di pasar tradisional Kota Ambon sudah turun kembali.

Veronika, pembeli yang ditemui seusai membeli bawang putih dan merah masing-masing satu kilogram, mengatakan lumayan harga bawang sudah turun kembali, mudah-mudahan bisa terus bertahan atau turun lagi.

"Stok bawang cukup banyak dan terlihat dimana-mana, jadi kalau harganya turun pantas, apalagi arus pasok sudah mulai lancar lagi seusai libur lebaran nanti," ujarnya.

Sedangkan harga bumbu masak lainnya seperti cabai rawit masih tergolong mahal Rp60.000/Kg, cabai keriting Rp35.000 hingga Rp40.000/Kg, sedangkan jahe, kunyit, lengkuas rata-rata Rp5.000/ikat kecil.*

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close