Fitness

6 Gejala Degenerasi Tulang Belakang, Bisa Dialami Anak Muda Juga

6 Gejala Degenerasi Tulang Belakang, Bisa Dialami Anak Muda Juga. Lebih cepat terdeteksi lebih baik

Tulang belakang atau tulang punggung adalah bagian tulang yang menopang sebagian besar berat tubuh kita sehingga fungsinya sangat penting dan rentan mengalami degenerasi (penurunan fungsi). Jika dibiarkan, degenerasi tulang belakang akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan pada beberapa kasus membuat penderitanya hingga tidak bisa bergerak.

Degenerasi tulang belakang dapat disebabkan oleh beberapa jenis penyakit seperti osteoporosis, artitris, dan kerusakan bantalan sendi tulang belakang. Meskipun degenerasi tulang belakang erat kaitannya dengan usia yang bertambah, degenerasi tulang belakang juga disebabkan oleh trauma, kurang nutrisi, merokok, serta kebiasaan mengangkat barang berat dan memutar tubuh berlebihan.

Oleh karena itu, degenerasi tulang belakang ini juga kerap kali menyerang di usia muda sehingga perlu diwaspadai sejak dini. Pada artikel kali ini, kita akan membahas 6 gejala degenerasi tulang belakang agar bisa membantu kamu mendeteksinya lebih cepat dan segera berkonsultasi dengan dokter. Let’s check it out!

1. Nyeri punggung

6 Gejala Degenerasi Tulang Belakang, Bisa Dialami Anak Muda Juga

Nyeri punggung adalah gejala utama dari degenerasi tulang belakang. Rasa nyeri ini terutama terjadi karena bantalan sendi tulang belakang yang semakin kehilangan cairan, sehingga menurunkan kemampuannya sebagai penerima kejut. Hal ini membuat tulang belakang penderita akan terasa seperti ditusuk jarum bahkan ketika melakukan aktivitas ringan sekalipun.

Rasa sakit yang ditimbulkan bisa saja hilang dan pergi, bahkan terkadang bisa menyebabkan kesemutan dan mati rasa. Oleh karena itu jika kamu telah mulai merasakan rasa sakit di punggung, alangkah baiknya kamu mulai berkonsultasi dengan dokter agar tidak bertambah parah.

2. Deformitas tulang belakang

6 Gejala Degenerasi Tulang Belakang, Bisa Dialami Anak Muda Juga

Deformitas tulang belakang adalah perubahan bentuk tulang belakang menjadi tidak normal, contohnya adalah skoliosis, lordosis, dan kifosis. Ketiganya adalah kondisi dimana bentuk tulang belakang tidak lagi lurus seperti normal. Hal ini membuat postur tubuh menjadi tidak normal dan sulit beraktivitas secara normal.

Menurut review berjudul Spinal Deformity di Indian Journal of Orthopaedics,deformitas tulang belakang terjadi karena berkurangnya kepadatan tulang belakang sehingga tidak mampu menahan bobot tubuh, obesitas, serta kebiasaan postur tubuh yang buruk.

3. Kelemahan anggota tubuh

6 Gejala Degenerasi Tulang Belakang, Bisa Dialami Anak Muda Juga

Meskipun degenerasi tulang belakang terjadi di daerah punggung, penyakit ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya, seperti tangan dan kaki yang menjadi lemah serta sulit untuk digerakkan.

Menurut Jason M. Highsmith, MD dalam tulisannya yang berjudul Symptoms of Degenerative Disc Disease, penderita degenerasi tulang belakang dapat merasakan rasa sakit dan lemas di bagian tubuh lainnya seperti bagian kaki. Hal ini dikarenakan tulang belakang adalah pusat saraf yang terhubung ke berbagai bagian tubuh.

4. Penurunan fungsi sensori

6 Gejala Degenerasi Tulang Belakang, Bisa Dialami Anak Muda Juga

Fungsi sensori atau perasa membutuhkan peran dari sel saraf agar dapat bekerja dengan maksimal. Namun, ketika tulang punggung sebagai pusat sistem saraf mengalami gangguan maka fungsi sensori pun juga akan terpengaruh. Hal ini akan membuat penderita mati rasa sebagian atau seluruh tubuh dan juga kesemutan.

5. Disfungsi seksual

6 Gejala Degenerasi Tulang Belakang, Bisa Dialami Anak Muda Juga

Salah satu komplikasi dari degenerasi tulang punggung adalah terjadinya disfungsi seksual. Contohnya pada pria adalah terjadinya disfungsi ereksi karena adanya gangguan saraf yang menyebabkan aliran darah menjadi terganggu dan juga gangguan hormon pada tubuh. 

Degenerasi tulang belakang juga menyebabkan penderitanya mengalami rasa sakit berlebihan ketika melakukan hubungan intim. Menurut penelitian American Academy of Orthopaedic Surgeons, pasien penderita degenerasi tulang belakang yang sukses melakukan operasi berhasil mengurangi keluhan rasa sakit ketika melakukan hubungan intim yang menguatkan bahwa kedua hal tersebut memiliki korelasi.

6. Gangguan buang air kecil dan besar

6 Gejala Degenerasi Tulang Belakang, Bisa Dialami Anak Muda Juga

Salah satu keluhan penderita degenerasi tulang belakang adalah kesulitan mereka untuk melakukan buang air. Menurut penelitian dari Jurnal Acta chirurgiae orthopaedicae et traumatologiae Cechoslovaca pada tahun 2011, sekitar 12 persen persen penderita degenerasi tulang belakang memiliki keluhan terhadap masalah buang air kecil. Keluhan ini mayoritas ditemukan pada wanita dan pada pasien dengan BMI yang rendah.

Hal ini bisa terjadi karena pada tulang belakang terdapat sistem saraf tepi yang salah satu fungsinya adalah mengatur proses tubuh yang bekerja secara otomatis, seperti saluran pencernaan dan kantung kemih. Hal ini membuat penderita degenerasi tulang belakang kesulitan dalam mengatur proses buang air kecil dan besar.

Nah, itulah 6 gejala penderita degenerasi tulang belakang. Jika kamu mengalami salah satunya, ada baiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter agar penyakit tersebut tidak semakin parah. Sekian untuk artikel kali ini dan semoga dapat memberikanmu informasi yang baru.

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close