5 Kuliner Khas yang Wajib Kamu Cicipi Saat Berkunjung ke Pemalang

5 Kuliner Khas yang Wajib Kamu Cicipi Saat Berkunjung ke Pemalang. Awas ketagihan loh!

Pemalang merupakan kota di di Jawa Tengah, yang letaknya dekat dengan Tegal dan Pekalongan. Kalau kamu ingin ke Semarang melalui jalur pantura, maka kamu pasti akan melewati kota ini. Walaupun kota ini tidak sebesar Semarang, namun ternyata Pemalang memiliki banyak ragam kuliner khas yang wajib kamu coba.

Oleh karena itu kalau kamu berkesempatan untuk berkunjung atau singgah di Pemalang, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi lima kuliner khas berikut ini.

1. Lontong Dekem

5 Kuliner Khas yang Wajib Kamu Cicipi Saat Berkunjung ke Pemalang

Lontong Dekem, dalam bahasa lokal dekem berarti terendam. Dan memang untuk membuat Lontong Dekem, butuh banyak rempah-rempah dan rendaman bumbu agar kuahnya lezat. Hidangan ini cocok banget dimakan saat sore atau malam hari, karena dapat menghangatkan tubuh.

Dalam seporsi Lontong Dekam biasanya berisi irisan lontong yang disiram dengan kuah santan, serundeng, kerupuk, dan bawang goreng. Satu porsi Lontong Dekem dihargai mulai dari Rp10 ribu saja. Murah banget kan?

Rekomendasi tempat makan Lontong Dekem enak di Pemalang:

  1. Lontong Dekem Pak Drajat, alamat : Jl. Mochtar, Kebondalem, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (+/- 1 km dari stasiun kereta api Pemalang).
  2. Lontong Dekem Pak Sidul, alamat : Alun-alun Pemalang, Pelutan, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.
  3. Lontong Dekem Pak Kasirin, alamat : Jl. R.E. Martadinata, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

2. Sate Loso

5 Kuliner Khas yang Wajib Kamu Cicipi Saat Berkunjung ke Pemalang

Sate ini dinamakan sesuai dengan nama pembuatnya, yakni Mbah Loso. Dan resepnya sudah diwariskan secara turun temurun hingga saat ini. Berbeda dengan sate pada umumnya yang terbuat dari daging ayam atau daging sapi. Sate Loso ini terbuat dari daging kerbau yang rendah kolesterol.

Namun saat ini sudah banyak yang menjual Sate Loso yang terbuat dari daging sapi. Sate Loso biasa disantap dengan bumbu kacang berwarna merah dan sop yang isinya daging urat, tulang muda, dan tauge. Rasa sopnya pedas, manis dan asam. Satu porsi Sate Loso biasa dijual dengan harga Rp25 ribu.

Rekomendasi tempat makan Sate Loso di Pemalang:

  1. Sate Loso Pah-in, alamat : Jl. Urip Sumoharjo No.Kel, Pelutan, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.
  2. Sate Loso Pak No, alamat : Jl. Jend. A. Yani, Kebondalem, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.
  3. Sate Loso Pak Mul, alamat : Jl. Urip Sumoharjo no. 105, Pemalang, Jawa Tengah.

3. Pecak Belut

5 Kuliner Khas yang Wajib Kamu Cicipi Saat Berkunjung ke Pemalang

Dari namanya saja kamu pasti sudah tahu kalau bahan utama makanan ini adalah belut, atau welut dalam bahasa Jawa. Di Pemalang, kuliner ini memiliki dua variasi yakni Pecak Belut Kering dan Pecak Belut Santan. Cara membuat makanan ini pun terbilang mudah, belut yang sudah digoreng akan diulek pelan-pelan di atas sambal terasi.

Untuk Pecak Belut Santan, belut yang sudah diulek ini kemudian akan diguyur dengan santan. Kuliner yang satu ini biasa disajikan dengan sayur daun pepaya, tauge dan mentimun. Hidangan ini memiliki cita rasa pedas dan gurih. Satu porsi Pecak Belut biasanya dihargai Rp35 ribu, lengkap dengan sepiring nasi dan teh hangat.

Rekomendasi kedai makan Pecak Belut di Pemalang:

  1. Pecak Welut Bu Niti, alamat : Jl. Raya Tegal Mlati, Sekreo, Tegalmlati, Kec. Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.
  2. Warung Pecak Belut Mbak Eka Suliyah, alamat : Jalan Desa Tegal Mlati RT.01/RW.01, Area Sawah, Tegalmlati, Kec. Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.
  3. Pecak Belut Hjh. Mut, alamat : Jl. Raya Tegal Mlati No.174, Sekreo, Tegalmlati, Kec. Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

4. Nasi Grombyang

5 Kuliner Khas yang Wajib Kamu Cicipi Saat Berkunjung ke Pemalang

Kuliner yang satu ini merupakan kuliner legendaris yang sudah sangat populer di Pemalang. Kalau dilihat sekilas, tampilannya mirip dengan nasi rawon. Sama seperti Rawon, Nasi Grombyang juga menggunakan kluwek sehingga kuahnya berwarna hitam.

Namun kuah Nasi Grombyang lebih encer, dan memiliki rasa serta aroma yang lebih khas karena diberi taburan serundeng atau kelapa parut yang disangrai. Dalam satu porsi Nasi Grombyang biasanya berisi nasi,  potongan daging sapi atau kerbau, serta diberi kuah. Satu porsi Nasi Grombyang biasa dijual dengan harga mulai dari Rp15 ribu saja.

Rekomendasi warung makan Nasi Grombyang enak di Pemalang:

  1. Nasi Grombyang Pak H. Warso, alamat : Jl. R.E. Martadinata No.Kelurahan, Pelutan, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.
  2. Nasi Grombyang SMA 1 Pemalang, alamat : Di seberang SMA 1 Pemalang, Jawa Tengah.
  3. Nasi Grombyang Pak Waridin, alamat : Jl. Gatot Subroto No.31, Bojongbata, Pemalang, Jawa Tengah.

5. Bakso Balungan

5 Kuliner Khas yang Wajib Kamu Cicipi Saat Berkunjung ke Pemalang

Bakso yang satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bakso pada umumnya. Namun bedanya bakso ini mendapatkan tambahan balungan, atau tulang sapi dengan sedikit daging yang menempel. Rasanya mirip dengan sop, hangat, nikmat dan gurih.

Masyarakat di Pemalang biasa menyantap Bakso Balungan ini dengan sepiring nasi, mie atau lontong. Seporsi Bakso Balungan dijual dengan harga mulai dari Rp20-32 ribu. Tidak terlalu mahal kan?

Rekomendasi tempat makan Bakso Balungan di Pemalang :

  1. Bakso Balungan Mas Awi Pemalang, alamat : Jl. Jend. A. Yani No.102, Mulyoharjo, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.
  2. Bakso Balungan Kebon Pelem, alamat : Jl. Letjand Di Panjaitan, Karanglo, Sewaka, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.
  3. Bakso Balungan & Mie Ayam Goyang Lidah, alamat : Jl. Jend. Sudirman, Dusun II, Randudongkal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Nah gimana? Ternyata Pemalang punya banyak banget ragam kuliner khas yang menggugah selera kan? Makanya kalau kamu berkesempatan untuk berkunjung ke sana, luangkan waktu sejenak untuk mencicipi aneka kuliner khas Pemalang di atas ya.