Italia dan Ukraina ke semifinal

Italia dan Ukraina ke semifinal.

Jakarta –
Italia dan Ukraina lolos ke babak semifinal kejuaraan sepak bola Piala Dunia U20 di Polandia, setelah mencatat kemenangan pada pertandingan perempat final Jumat petang waktu setempat.

Dipantau melalui laman FIFA, dalam pertandingan di Tychi, Italia menaklukan wakil Afrika Mali 4-2, sedangkan Ukraina menang tipis 1-0 atas Kolombia di kota Lodz.

Italia memanfaatkan keunggulan jumlah pemainnya, setelah satu pemain Mali terkena kartu merah, dengan mencetak tiga gol di babak kedua.

Mali yang sebelumnya membuat kejutan dengan menyingkirkan Argentina, langsung harus menghadapi tantangan berat dari Gli Azzurrini, yang juga merupakan tim favorit dalam kejuaraan sepak bola dua tahunan untuk pemain berusia di bawah 20 tahun itu.

Ibrahim Kone membuat gol bunuh diri pada menit ke-12, kemudian Ousmane Diakite mendapat kartu merah karena pelanggaran keras sembilan menit kemudian.

Meskipun demikian Mali yang tampil penuh semangat masih bisa melakukan perlawanan, bahkan membuat gol balasan pada menit ke-39 oleh Sekou Koita.

Pada babak kedua Italia mulai bangkit dengan gol Andrea Pinamonti menit ke-60 , namun Mali sempat membalas lagi di menit ke-79 oleh Mohamede Camara.

Menit ke-83 Italia mendapat hadiah penalti yang dapat dikonversikan menjadi gol oleh Pinamonti.

Hanya berselang satu menit setelahnya, Italia memperbesar keunggulan menjadi 4-2 melalui sundulan Davide Frattesi.

Menjelang pertandingan usai Mali sempat mendapat hadiah penalti, namun kiper Alessandro Plizzari dapat menggaglkan eksekusi Sekou Koita.

Sementara itu gol tunggal yang mengantar Ukraina ke semifinal dicetak oleh Danylo Sikan pada menit ke-11.

Sikan memenangan perebutan bola tendangan kiper Ukrina untuk kemudian menembus barisan pertahanan Kolombia.

Ia dapat menggiring bola melewati kaki kiper Kolombia Kevin Mier yang terlanjur maju, kemudian menyarngkan bola ke gawang yang sudah tak terjaga.

Lolos ke semifinal Piala Dunia U20 merupakan yang pertama kalinya dicapai oleh tim muda Ukraina. Bahkan ketika mereka lolos ke perepat final pun itu merupakan sejarah baru bagi mereka.

Di babak semifinal Ukraina akan berhadapi dengan Italia 11 Juni mendatang.