Transportasi & logistik

Menhub Keliling Daerah Pastikan Keselamatan Arus Balik Lebaran 2019

Menhub Keliling Daerah Pastikan Keselamatan Arus Balik Lebaran 2019. Kementerian Perhubungan secara aktif melakukan tinjauan ke beberapa daerah baik yang ada di Pulau Jawa maupun di luar Pulau Jawa

News, JAKARTA – Kementerian Perhubungan secara aktif melakukan tinjauan ke beberapa daerah baik yang ada di Pulau Jawa maupun di luar Pulau Jawa guna memastikan keselamatan dan kelancaran penyelenggaraan arus balik yang berlangsung mulai kemarin, Jumat (7/6/2019) atau H+1.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hari ini meninjau ke beberapa daerah mulai dari Jawa Timur ke Jawa Tengah yakni ke Stasiun Madiun, Tol Ngawi–Kertosono, Terminal Bus Salatiga, Tol Banyumanik Semarang, Tol dan Rest Area di Tegal hingga Brebes Barat.

Dia akan meninjauan ke beberapa rest area di jalan tol dilakukan untuk mengantisipasi tidak terjadi kepadatan di dalam rest area hingga keluar jalan tol, yang berimbas pada kepadatan arus lalu lintas di jalan tol. 

Sementara itu, peninjauan ke beberapa prasarana transportasi seperti stasiun dan terminal bus dilakukan untuk melihat langsung pelayanan stasiun Madiun dan terminal bus Salatiga yang di masa arus balik akan dipadati para pemudik yang akan melakukan perjalanan balik ke arah barat.

Selain peninjauan, dia telah menugaskan jajarannya untuk melakukan peninjauan dan pengawasan di beberapa daerah di luar Pulau Jawa seperti di Danau Toba, Ambon, dan Pulau Selayar untuk memastikan keselamatan dan kelancaran penyelenggaraan Angkutan Lebaran khususnya untuk Angkutan Penyeberangan. 

“Kemarin saya sudah menugaskan tim khusus untuk melakukan pemantauan di tiga tempat yaitu di Danau Toba, Ambon dan Selayar untuk memastikan penyelenggaraan angkutan penyeberangan dapat berjalan dengan selamat dan lancar,” ungkapnya, dalam keterangan, Sabtu (8/6/2019).

Untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun ini, secara umum Kemenhub melakukan pemantauan di berbagai daerah baik di pulau Jawa maupun di luar pulau Jawa. Di sektor darat pemantauan dilakukan di 48 terminal yang ada di 15 Provinsi dan 10 lintas penyeberangan. 

Di sektor laut pemantauan dilakukan di 51 pelabuhan yang tersebar dari wilayah barat hingga timur Indonesia. Di sektor udara pemantauan dilakukan di 36 bandar udara. Sementara, di sektor perkeretaapian pemantauan dilakukan di 9 Daop dan 4 Divre.

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close