Bisnis

Puncak arus balik di Terminal Jombor diperkirakan “H+2”

Puncak arus balik di Terminal Jombor diperkirakan “H+2”. Informasi dari paguyuban (bus malam) puncak arus balik Lebaran hari ini

Sleman – Puncak arus balik di Terminal Jombor, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, diperkirakan akan terjadi pada Sabtu (8/6) ini atau "H+2" Lebaran.

"Informasi dari paguyuban (bus malam) puncak arus balik Lebaran hari ini," kata Kepala Seksi Pengelolaan Terminal, Balai Pengelolaan Terminal dan Perparkiran Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Yunarti di Terminal Jombor, Sabtu.

Menurut Yunarti, jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Jombor pada Sabtu (8/6) diperkirakan meningkat dari arus balik pada Jumat (7/6) atau "H+1" Lebaran.

Menurut dia, jumlah penumpang yang berangkat saat arus balik di Terminal Jombor selalu lebih besar dibandingkan ketika arus mudik. "Kalau di sini justru yang banyak saat arus balik," ucap dia.

Ia menyebutkan pada "H+1" Lebaran jumlah bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang berangkat dari Terminal Jombor tercatat sebanyak 104 armada dengan jumlah penumpang berangkat mencapai 1.170 orang. Sedangkan penumpang yang tiba tercatat sebanyak 409 orang.

Penasihat Paguyuban Agen dan Perwakilan Bus Malam (Pabima) Terminal Jombor Sony Kurniawan mengatakan saat arus mudik penumpang yang berangkat dari Terminal Jombor menggunakan bus malam mayoritas tujuan Sumatera, terutama Lampung, Jambi, serta Palembang. Sedangkan saat arus balik yang dominan adalah tujuan Jakartan, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Ia mengatakan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, agen bus malam telah melakukan penambahan armada yang jumlahnya menyesuaikan dengan tren peningkatan penumpang. "Penambahan armada ini biasanya akan terus meningkat menyesuaikan tren penumpang yang datang," kata dia.

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close