Bisnis

Arus Balik, Pertamina Siapkan 700 KL BBM Tambahan di Tol Trans Jawa

Arus Balik, Pertamina Siapkan 700 KL BBM Tambahan di Tol Trans Jawa. Pertamina Region IV Jawa Tengah – DI Yogyakarta menyiapkan stok BBM tambahan untuk seluruh SPBU di tol trans Jawa saat arus balik Lebaran 2019.

News, Jakarta – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jawa Tengah – DI Yogyakarta menyiapkan stok Bahan Bakar Minyak alias BBM tambahan untuk seluruh SPBU di tol trans Jawa baik yang regular maupun kios Pertamina Siaga menjelang arus balik Lebaran 2019.

Arus Balik H+3, Waspadai 8 Titik Macet Jalur Babat Blora

Arus balik diperkirakan berlangsung mulai 7 – 10 Juni 2019. Adapun stok tambahan disiapkan adalah sebanyak hingga 247 persen atau sekitar 700 kiloliter dari rata-rata normal non satgas sebesar 283 KL.

General Manager Pertamina MOR IV, Iin Febrian, mengatakan penambahan sesuai dengan realisasi arus mudik beberapa waktu yang lalu. Kala itu, terjadi peningkatan yang cukup signifikan untuk konsumsi BBM jenis gasoline di seluruh SPBU di tol trans Jawa, Jawa Tengah.

“Pada puncak arus mudik yang terjadi pada H-3 kemarin, terjadi peningkatan konsumsi BBM jenis gasoline (Pertalite & Pertamax Series) hingga 208 persen salah satunya di rest area KM 379A, Batang,” ujar Iin dalam keterangan tertulis, Sabtu, 8 Juni 2019.

Iin berujar tren peningkatan di jalur mudik atau ruas A juga akan terjadi saat arus balik lebaran di jalur balik atau ruas B tol trans Jawa. Perseroan memperkirakan pemudik akan beristirahat dan mengisi BBM di SPBU regular Pertamina di KM 519B, 389B, 360B dan 260B. Selain itu, kios Pertamina siaga yang terdapat di KM 487B, 456B, 429B, 344B, 294B dan 282B juga akan melayani pengisian BBM.

“Namun kami sarankan kepada pemudik untuk menggunakan kios Pertamina Siaga jika memang dalam keadaan darurat saja, selebihnya dapat menggunakan SPBU regular untuk mengisi BBM,” kata Iin.

Sementara itu, Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jateng-DIY, Andar Titi Lestari, berharap skenario arus searah alias one way pada arus balik lebaran dapat memecah konsentrasi pengisian BBM di tol Trans Jawa.

“Dengan skenario one way tersebut, diharapkan tidak akan terjadi antrean panjang pengisian BBM di tol Trans Jawa terutama di ruas balik atau ruas B,” kata dia. “Selain itu, dengan skenario tersebut rest area juga tidak menjadi padat dan mengurangi kemacetan yang dapat mengakibatkan pemudik sulit untuk mendapatkan BBM.”

Baca berita Arus Balik lainnya di News

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close