Economy

Pembangunan Terminal Rampung Oktober, Kapasitas Bandara Syamsudin Jadi 7 Juta Penumpang

Pembangunan Terminal Rampung Oktober, Kapasitas Bandara Syamsudin Jadi 7 Juta Penumpang. Pengembangan Bandar Udara Syamsudin Noor ditargetkan beroperasi pada awal Oktober

JAKARTA – Proyek pengembangan Bandar Udara Syamsudin Noor yang berlokasi di Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, ditargetkan beroperasi pada awal Oktober tahun ini. Terminal baru ini, diharapkan mampu memberikan pelayanan optimal bagi calon pengguna jasa angkutan udara.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti mengatakan, jika proyek pengembangan bandara ini selesai, untuk sisi darat data tampung di terminal yang sebelumnya 1,5 juta penumpang menjadi sebanyak 7 juta penumpang. Sementara untuk sisi udara, perluasan apron menambah kapasistas parkir pesawat (parking stand) yang semula 16 menjadi 25 unit pesawat.

“Diharapkan, dengan penambahan kapasitas ini, pelayanan bandar udara akan menjadi lebih baik lagi. Sebab di Bandara Syamsudin Noor merupakan embarkasi haji, selain itu, dalam peningkatan kapasitas nantinya banyak penumpang umroh terlayani,” jelas Polana, dalam keterangannya, Sabtu (8/6/2019).

Dandang menambahkan, terminal baru memiliki banyak kunggulan dibandingkan terminal lama, selain dari segi daya tampung, berbagai fasilitas juga tersedia. Salah satunya kehadiran PT Angkasa Pura I akan mengimplementasikan pengoperasian Airport Operation Control Center (AOCC) sebagai wadah kolaborasi seluruh pemangku kepentingan di bandara yang terdiri dari berbagai unsur yakni Airport Operator, Airlines Operators, Air Navigation dan Authorities seperti bea cukai, imigrasi, karantina, kepolisian dan lain – lain.

“AOCC yang ada nantinya sama seperti pengoperasian di Bandar Udara Soekarno – Hatta dan semuanya terintegrasi dengan berbagai stakeholder penerbangan,” katanya.

Untuk diketahui, terminal baru tahap I Bandar Udara Syamsudin Noor memiliki luas 77.569 m2 dengan kapasitas 7 juta penumpang/tahun. Memiliki sebanyak 52 unit check – in counter, baggage conveyor 3 unit untuk kedatangan penerbangan domestik dan internasional. Bandara direncanakan memiliki 2 lantai. Lantai 1 sebagai area keberangkatan, komersil, airside dan area kedatangan, sedangkan lantai 2 sebagai area kantor sewa, hotel dan bording lounge.

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close