Nasional

Malam Hari, Pemudik Sepeda Motor Mulai Penuhi Jalur Pantura

Malam Hari, Pemudik Sepeda Motor Mulai Penuhi Jalur Pantura. Arus balik pemudik menggunakan kendaraan bermotor roda dua, mulai tampak memenuhi ruas jalan pantai utara (pantura) menuju Jakarta pada malam hari.

News, CIREBON – Arus balik pemudik menggunakan kendaraan bermotor roda dua, mulai tampak memenuhi ruas jalan pantai utara (pantura) menuju Jakarta pada malam hari.

Berdasarkan pantauan Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali 2019 pada Sabtu (8/6/2019) pukul 22.26 WIB, rombongan pemudik menggunakan kendaraan tersebut tak berhenti mengalir di ruas jalan arteri pantai utara (Pantura). 

Jumlah pemudik kendaraan bermotor roda dua tersebut, mulai terlihat meningkat jumlahnya mulai dari Pemalang sampai Cirebon, dengan tujuan menuju arah barat.

Mereka tampak berangkat secara beriringan dengan pemudik motor lainnya. Mayoritas dari mereka berkendara secara berboncengan dengan membawa beragam barang bawaan, di antaranya berupa kotak kardus dan tas ransel.

Banyaknya jumlah pemudik menggunakan kendaraan bermotor roda dua itu, membuat sejumlah titik jalan mengalami kemacetan, seperti jalur Pantura yang melalui pusat kota Tegal dan Brebes.

Ardi, salah satu pemudik menggunakan kendaraan bermotor yang akan kembali ke Jakarta dari kampung halamannya di Batang mengatakan, dia memilih menggunakan kendaraan bermotor karena dari sisi ongkos lebih murah. Sementara itu, pemilihan waktu keberangkatan pada malam hari, dinilainya lebih nyaman karena jalanan diperkirakan lebih sepi.

“Selain itu perkiraan awal saya, akan banyak pemudik yang melalui tol menggunakan mobil, jadi di pantura akan lebih sepi,” katanya, Sabtu (8/6/2019).

Adapun Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah pemudik sepeda motor tahun ini  meningkat 10,7% menjadi 6,85 juta unit dibandingkan dengan tahun lalu. Dari jumlah tersebut,  942.621 pemudik berasal dari wilayah Jabodetabek.

(Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M. Arief, Maria Elena, Reni Lestari)

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close