Hasil Kualifikasi F1 GP Kanada, Vettel Gembira Start Terdepan

Hasil Kualifikasi F1 GP Kanada, Vettel Gembira Start Terdepan. Sebastian Vettel mencetak putaran terbaik 1 menit 10,240 detik pada sesi kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Gilles Villeneuve.

MONTREAL, News – Pebalap tim Scuderia Ferrari asal Jerman, Sebastian Vettel, berhasil menempati pole position alias bakal start terdepan pada balapan Formula 1 (F1) GP Kanada, Minggu (9/6/2019). 

Sebastian Vettel mencetak putaran terbaik 1 menit 10,240 detik pada sesi kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Gilles Villeneuve, Kanada, Sabtu (8/6/2019) atau Minggu  dini hari WIB.

Bagi Vettel, ini merupakan pole position pertamanya di Montreal, Kanada, pun dalam 17 balapan terakhir. Kali terakhir dia start terdepan terjadi pada GP Jerman, 22 Juli 2019. 

Klasemen F1, 2 Pebalap Mercedes Unggul Jauh atas Para Pesaing

Vettel akan start di depan Lewis Hamilton (Mercedes) dan rekan satu timnya, Charles Leclerc, yang masing-masing berada di urutan kedua dan ketiga.

“Setelah beberapa minggu terakhir menjadi periode berat bagi kami, saya sangat senang dengan hasil ini,” kata Vettel seusai sesi kualifikasi.

“Saya sangat senang dengan kinerja tim. Saya berharap hasil positif ini bisa ditularkan saat perlombaan,” tuturnya lagi.

Vettel Beri Komentar soal Rivalitas dengan Hamilton

Melengkapi posisi lima besar start ialah Daniel Ricciardo (Renault) dan Pierre Gasly (Red Bull Racing).

Jalannya sesi kualifikasi

Sebanyak 20 pebalap mengikuti sesi kualifikasi pertama (Q1) yang berlangsung selama 15 menit untuk memperebutkan tempat pada kualifikasi kedua (Q2).

Lima pembalap yang gagal melaju pada kualifikasi kedua (Q2) adalah Sergio Perez (Point Racing), Kimi Raikkonen (Alfa Romeo), Lance Stroll (Point Racing), George Russell, Robert Kubica (Williams)

Pada sesi Q2, sebanyak 15 pebalap turun. Lewis Hamilton (Mercedes) mencetak putaran terbaik dengan 1 menit 11,336 detik, diikuti Antonio Giovinazzi (Alfa Romeo Racing).

Sebastian Vettel (Ferrari), Hamilton, dan Valttteri Bottas (Mercedes) bergantian membuat putaran tercepat.

Charles Leclerc sempat menjadi pebalap tercepat. Namun, kondisi tersebut tidak bertahan lama setelah Vettel membuat putaran tercepat.

Bos Mercedes dan Hamilton Kompak Puji Charles Leclerc

Beberapa detik menjelang sesi Q2 berakhir kecelakaan dialami Kevin Magnussen (Haas).

Mobil yang dikendarainya tergelincir hingga menabrak dinding pembatas lintasan. Saat itu, Magnussen sedang berada di posisi ke-10.

Magnussen dapat berjalan setelah insiden tersebut. Namun, sesi Q2 selesai lebih cepat dan bendera merah dikibarkan untuk memberi waktu bagi marshal membersihkan serpihan mobil Magnussen yang berada di lintasan.

Max Verstappen (Red Bull Racing), Daniil Kvyat (Toro Rosso), Antonio Giovinazzi (Alfa Romeo Racing), Alexander Albon (Toro Rosso), dan Romain Grosjean (Haas) menjadi lima pebalap yang tereliminasi pada Q2.

Sesi kualifikasi ketiga (Q3) sempat ditunda untuk memastikan lintasan di Sirkuit Gilles Villeneuve steril dari sisa serpihan kecelakaan.

Pierre Gasly (Red Bull Racing) menggebrak pada awal sesi Q3 dengan membukukan putaran tercepat 1 menit 12,185 detik.

Leclerc, Vettel, dan Lewis Hamilton (Mercedes) bergantian mencetak putaran terbaik ketika sesi tersisa sekitar 7 menit.

Lewis Hamilton Dedikasikan Kemenangan untuk Niki Lauda

Hamilton menyelesaikan satu putaran dalam 1 menit 10,493 detik.

Catatan tersebut bertahan menjelang sesi berakhir. Akan tetapi, Vettel berhasil menajamkan putaran terbaik Hamilton pada detik terakhir sesi dan memastikan diri meraih pole position.

Para pembalap Formula 1 akan kembali ke lintasan untuk mengikut sesi balapan pada Senin (10/6/2019), mulai pukul 01.10 WIB. (Delia Mustikasari) 

Berikut hasil kualifikasi GP Kanada 2019.