Dining guide

Buka dari Pagi, 5 Rawon Legendaris di Malang yang Cocok untuk Sarapan

Buka dari Pagi, 5 Rawon Legendaris di Malang yang Cocok untuk Sarapan. Jadi mau sarapan dimana kamu hari ini?

Rawon mungkin bukan makanan yang asing lagi buat kamu, meski kamu belum mencobanya sama sekali tapi paling tidak kamu pernah mendengar tentang makanan ini dalam banyak kesempatan. Meski makanan ini terkenal di seantero pulau Jawa, tapi sebenarnya rawon adalah salah satu makanan khas dari Jawa Timur.

Kamu yang belum pernah mencicipi rawon dan penasaran, kota Malang bisa jadi tempat yang tepat untuk menikmati sajian ini sesukamu. Di kota Apel ada banyak sekali warung rawon enak sekaligus legendaris karena resepnya sudah diwariskan secara turun temurun dalam satu keluarga. Tertarik mencoba?

1. Rawon Ngulig

Buka dari Pagi, 5 Rawon Legendaris di Malang yang Cocok untuk Sarapan

Depot Rawon Ngulig menjadi pemberhentian pertama kita. Rawon Ngulig sudah beroperasi di Malang sejak tahun 1982 dan menyediakan tiga jenis rawon yaitu rawon tutup dengkul dengan tambahan kikil, rawon buntut, dan nasi rawon.

Meski sudah ada sejak puluhan tahun lalu, cita rasa rawonnya enggak pernah bikin pengunjung bosan, bagaimana bisa bosan kalau setiap datang kita disuguhi dengan semangkuk rawon berbuah gurih dengan potongan daging yang besar?

Selain menu rawon, Depot Warung Ngulig juga menyediakan menu lain seperti nasi pecel, aneka penyetan, gulai kambing dan beberapa menu lainnya yang sayang kalau enggak dicoba. 

Alamat: Jl. Zainul Arifin No.62, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119

Buka: setiap hari, 07.00 – 15.30

2. Rawon Glintung

Buka dari Pagi, 5 Rawon Legendaris di Malang yang Cocok untuk Sarapan

Terletak di salah satu jalan protokol di kota Malang, enggak heran kalau Depot Rawon Glintung selalu ramai diburu pembeli. Bukan cuma karena lokasinya yang strategis tapi karena memang rawon di tempat ini terkenal enak di seantero kota Malang.

Di depot rawon, kamu bisa memilih mau makan nasi rawon, nasi pecel, atau nasi krengsengan. Untuk nasi rawonnya, selain potongan daging yang enggak pelit, rasanya juga enggak akan mengecewakan dengan tambahan tauge kecil, empal sapi, atau telur asin.

Alamat: Jl. Letjend S. Parman, Purwantoro, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65126

Buka: Setiap hari 06.00 – 16.00

3. Rawon Tessy

Buka dari Pagi, 5 Rawon Legendaris di Malang yang Cocok untuk Sarapan

Salah satu yang membedakan Rawon Tessy dan rawon lainnya adalah kuah yang tidak terlalu kental. Meski kuahnya tidak kental, rasa Rawon Tessy enggak kalah dengan rawon lainnya yang ada di kota Malang. Disebut Rawon Tessy, bukan karena pemiliknya adalah komedian Tessy tapi karena pemiliknya dulu memiliki kepribadian mirip dengan komedian tersebut. Selain menu nasi rawon, ada juga nasi pecel, nasi lodeh, bahkan nasi telur Bali. Untuk minum, kamu bisa memilih kopi, es jeruk, sirup, dan soft drink.

Alamat: Jalan Trunojoyo, Klojen, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111

Buka: setiap hari, 07.00 – 22.00

4. Rawon Brintik

Buka dari Pagi, 5 Rawon Legendaris di Malang yang Cocok untuk Sarapan

Satu lagi rawon legendaris yang wajib kamu coba di kota Malang, namanya Rawon Brintik. Dinamakan Rawon Brintik karena istri pemiliknya dulu memiliki rambut keriting atau brintik dalam bahasa Jawa. Rawon Brintik sudah ada sejak tahun 1942 atau saat penjajahan Jepang.

Di Rawon Brintik kamu sudah bisa menikmati rawon daging plus nasi hanya dengan membayar Rp. 20 ribu saja. Ada juga pilihan iso, tempe goreng, atau paru goreng sebagai teman makan rawon. Kalau kamu enggak mau makan rawon, pecel, menu ayam bumbu rujak atau ayam kare.

Alamat: Jalan KH Ahmad Dahlan No.39, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65118

Buka: setiap hari, 05.00 – 16.00

5. Rawon Rampal

Buka dari Pagi, 5 Rawon Legendaris di Malang yang Cocok untuk Sarapan

Terpisah beberapa tahun dari Rawon Brintik, ada Depot Rawon Rampal yang sudah buka sejak tahun 1957. Yang membuat rawon disini lebih enak adalah cara memasaknya yang masih sama seperti waktu pertama kali dibuka yaitu dengan menggunakan kayu bakar.

Belum lagi potongan daging yang tebal dan kuah rawon yang bebas lemak membuat rasa rawon di warung Rawon Rampal banyak diburu oleh pembeli. Oh ya, selain ada rawon kamu juga bisa mencicipi menu lain seperti soto daging atau nasi pecel, semuanya sama enaknya kok! 

Alamat: Jalan Panglima Sudirman No.71A, Kesatrian, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111

Buka: setiap hari, 07.00 – 14.00. 

Jadi kamu mau kemana dulu nih?

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close