Internasional

Gambar Asli Sampul Komik Tintin Pertama Terjual Rp 15,9 Miliar dalam Lelang

Gambar Asli Sampul Komik Tintin Pertama Terjual Rp 15,9 Miliar dalam Lelang. Gambar sampul yang dilelang pada Sabtu (8/6/2019) lalu merupakan ilustrasi asli dengan tinta India dan ditandatangani oleh Herge.

DALLAS, News – Sebuah gambar asli yang digunakan untuk sampul komik “Tintin” terbitan pertama telah terjual dalam lelang senilai 1,12 juta dollar AS atau sekitar Rp 15,9 miliar.

Lelang yang digelar oleh rumah lelang Heritage Auctions itu diselenggarakan di Dallas, Texas, pada Sabtu (8/6/2019).

Identitas penjual maupun pembeli gambar tersebut belum dirilis oleh pihak rumah lelang.

Gambar ilustrasi yang dibuat oleh Herge, nama samaran kartunis Belgia, Georges Remi, sang pencipta Tintin, itu menampilkan karakter Tintin muda yang sedang duduk di tunggul pohon sambil memahat baling-baling pesawat.

Di belakangnya, tampak seperti pesawat yang rusak setelah mendarat darurat. Sementara di depan Tintin, anjingnya Snowy (atau Milou dalam bahasa Perancis), yang diperban, sedang duduk.

Fakta Unik Tintin, dari Jambul, Tuduhan Rasis, hingga Kisah Politik

Gambar sampul asli yang dilelang pada Sabtu lalu merupakan ilustrasi asli dengan tinta India dan ditandatangani oleh Herge.

“Ilustrasi itu merupakan salah satu gambar sampul asli yang sangat langka dan paling tua, serta ditandatangani langsung oleh Herge,” kata seorang juru bicara dari rumah lelang Heritage Auctions, dikutip AFP.

Kisah-kisah komik Tintin menjadi salah satu komik paling dikenal sepanjang masa dan telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 70 bahasa.

Herge, sang kreator, mulai menceritakan kisah jurnalis muda itu pada 1929 di halaman Le Petit Vingtieme, suplemen anak-anak dalam surat kabar harian Belgia, Le Vingtieme Siecle.

Serial komik ini terbukti populer hingga membuat surat kabar itu menerbitkannya dalam 16 halaman, dari awalnya hanya delapan halaman. Pada 13 Februari 1930, Tintin bahkan muncul dalam halaman depan.

Hingga akhirnya, setelah beberapa bulan, edisi pertama komik Tintin, dari total 24 seri, dengan judul “Tintin di Tanah Soviet” diterbitkan.

Lebih dari 200 juta kopi komik Tintin telah terjual di seluruh dunia hingga saat ini.

Sebagian besar ilustrasi dari sampul komik Tintin lama kini dipajang di Museum Herge di kota Louvain-la-Neuve, Belgia.

Buku Langka Komik Tintin Laku Rp 17 Miliar

Herge, penulis dan seniman, yang sering membuat kisah Tintin di sejumlah wilayah paling eksotis di dunia, hampir tidak pernah meninggalkan Belgia sepanjang hidupnya.

Namun Herge dapat menggambarkan dengan sangat detail suasana di lokas-lokasi yang dikunjungi Tintin dan Snowy maupun karakter-karekter lainnya.

Herge yang lahir di Eterbeek, Belgia, pada 22 Mei 1907, meninggal di usia 75 tahun, pada 3 Maret 1983.

Karya-karya asli dari Herge yang berkaitan dengan Tintin juga kerap dilelang dan terjual dengan harga yang cukup fantastis. Beberapa bahkan tercatat melampaui 1,5 juta dollar AS.

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close