Recipe

Mengenal Nasu Cemba, Makanan Khas Enrekang yang Bikin Ketagihan

Mengenal Nasu Cemba, Makanan Khas Enrekang yang Bikin Ketagihan. Sop iga yang beda dari lainnya

Enrekang yang terletak di Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak masakan khas. Salah satu masakan khas Enrekang yang sangat recommended adalah nasu cemba. Makanan ini memang tidak seterkenal makanan khas daerah lainnya. Namun, makanan ini dijamin bikin lidah bergoyang.

Nasu cemba memiliki arti tersendiri loh. Nasu berarti masakan dan cemba adalah nama tumbuhan yang digunakan khusus dalam makanan ini. Jadi, nasu cemba bisa diartikan masakan cemba.

Yuk, kenal nasu cemba lebih jauh lagi melalui penjelasan di bawah ini!

1. Bahan utamanya adalah daging iga sapi yang dimasak hingga terasa lembut

Mengenal Nasu Cemba, Makanan Khas Enrekang yang Bikin Ketagihan

Hanya daging pilihan yang bisa digunakan untuk membuat makanan ini yaitu daging iga yang masih melekat pada tulangnya. Iga ini akan dimasak hingga lembut bersama rempah dan bahan khusus lainnya.

Biasanya, orang Enrekang memasaknya secara tradisional di atas tunggu api. Namun, seiring perkembangan zaman sudah banyak orang yang memasaknya menggunakan kompor gas.

2. Dari rempah-rempahnya saja sudah bisa dibayangkan bagaimana kenikmatannya

Mengenal Nasu Cemba, Makanan Khas Enrekang yang Bikin Ketagihan

Bumbu yang digunakan dalam nasu cemba cukup banyak. Bahan pertama yaitu bawang putih, bawang merah, jahe, merica, dan kemiri yang telah ditumis. Bahan lainnya yaitu lengkuas, sereh yang telah digeprek, dan sangrai kelapa. Semua bumbu ini ditambahkan ke dalam rebusan daging yang sudah melembut.

3. Rasa khasnya berasal dari daun cemba

Mengenal Nasu Cemba, Makanan Khas Enrekang yang Bikin Ketagihan

Selain rempah-rempah di atas, ada lagi bahan lain yang memberi rasa khas pada masakan ini yaitu daun cemba. Bagian daun cemba yang digunakan yaitu daun yang masih mudah. Daun cemba ini memberikan rasa asam yang khas sehingga rasa nasu cemba sangat berbeda dengan sop iga lainnya.

Cemba (Acacia pennata) ini biasanya tumbuh liar di pinggiran gunung Enrekang. Bentuk daun tumbuhan cemba ini mirip dengan meniran. Bedanya, tumbuhan cemba memiliki tangkai-tangkai yang berduri.

4. Orang Enrekang sering menyantapnya bersama nasi dan cabai tumis

Mengenal Nasu Cemba, Makanan Khas Enrekang yang Bikin Ketagihan

Orang Enrekang biasanya menyantap nasu cemba bersama nasi, ketupat, atau buras. Tidak lupa juga lombok tumis hijau yang sangat pedas. Tapi semua ini tergantung selera saja. Kita bisa menikmati nasu cemba sesuai keinginan kita.

5. Orang Enrekang biasanya memasak Nasu Cemba di hari-hari penting

Mengenal Nasu Cemba, Makanan Khas Enrekang yang Bikin Ketagihan

Nasu cemba bukan makanan yang gampang didapat. Bahkan rumah makan yang menyajikan nasu cemba sangat jarang. Nasu cemba memang biasanya hanya dimasak pada hari-hari khusus seperti acara pernikahan, acara syukuran, dan hari lebaran.

Nah, itulah hal-hal seputar nasu cemba. Jangan lupa untuk menikmati makanan ini saat berkunjung ke Enrekang. Meski sulit didapat, namun ada beberapa rumah makan yang menyajikannya dengan harga 30 ribu per porsi. Rasanya dijamin bikin ketagihan.

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close