Hukum

Polisi cek perlengkapan keselamatan wahana air saat libur Lebaran

Polisi cek perlengkapan keselamatan wahana air saat libur Lebaran.

Jambi – Tim dari Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Polda Jambi melakukan pemeriksaan atau mengecek kelengkapan keselamatan pada sejumlah objek wisata khususnya wahana air pada saat masyarakat di Jambi menikmati waktu liburan bersama keluarga di wahana air tersebut.

"Beberapa tempat objek wisaha khususnya yang menggunakan wahana air yang ada di Kota Jambi, kami periksa kelengkapannya dan dalam inspeksi mendadak atau sidak tersebut, pihak Polair Jambi masih menemukan ada tempat wahana air yang masih mengabaikan keselamatan pengunjungnya," kata Dirpolair Polda Jambi, Kombes Pol Fauzi Bakti, di Jambi Minggu.

Hasil sidak dari tim Polisi Perairan Polda Jambi saat melakuian pemeriksaan tersebut masih ditemukan objek wisata yang tidak mengikuti prosedur keselamatan bagi para pengunjung atau mengguna wisata air tersebut, sehingga diingatkan untuk lebih waspada dan ke depan harus menyediakan perlengkapan keselamatan untuk pengguna wahana air.

"Satu persatu wahana air di tiga objek wisata yang ada di Kota Jambi diperiksa oleh tim Ditpolair Polda Jambi dan masih ada pengelola yang tidak menyediakan kelengkapan keselamatan seperti jaket pelampung saat diperiksa petugas yang turun ke lokasi wahana air tersebut," kata Fauzi Bakti usai melakukan sidak di beberapa tempat objek wisata yang ada wahana airnya.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan kelengkapan keselamatan pengunjung di wahana air dan itu dilakukan seiring dengan meningkatnya jumlah pengunjung selama libur lebaran dan hal itu untuk mengingatkan pemilik atau pengelola agar kedepannya mengutamakan keselamatan pengunjungnya.

"Pemeriksaan ini juga mengantisipasi adanya korban jiwa akibat kurangnya perlengkapan keselamatan dan dalam pemeriksaan itu, petugas masih mendapati objek wisata yang tidak memberikan jaket pelampung kepada penumpang atau penggunan waha air," kata Fauzi lagi.

Pengecekan fasilitas kelengkapan keselamatan wahana air akan terus dilakukan tim akan dilaksanakan secara rutin terutama jelang massa liburan yang memang banyak dikunjungi oleh warga bersama keluarga.*

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close