Hardware

Mengenal Angka-angka “Rating IP” di Smartphone Masa Kini

Mengenal Angka-angka “Rating IP” di Smartphone Masa Kini. Smartphone dengan embel-embel spesifikasi IP68, IP67, dan sejenisnya bertebaran. Apa sebenarnya angka-angka tersebut?

News – Sebagian besar ponsel flagship, seperti Samsung Galaxy S10+, iPhone XS, hingga Huawei P30 Pro, memiliki tingkat ketahanan debu dan air (IP rating) IP68.

Dengan adanya angka ini, sang pemilik smartphone tersebut agaknya tak perlu khawatir ponsel mereka disusupi oleh material debu atau air ketika mereka beraktivitas.

Lantas apa sebenarnya IP rating? Apa arti dibalik angka-angka setelah huruf “IP” tersebut?

Sebelum jauh berbicara tentang angka, kepanjangan atau arti dari IP rating itu sendiri perlu diketahui.

IP rating merupakan kepanjangan dari Ingress Protection. Seperti namanya, IP rating merupakan suatu tingkatan perlindungan dari elemen atau material-material yang bisa masuk ke sebuah benda elektronik.

24 Sony Xperia Dianggap Palsukan Fitur Anti-air

Tingkat IP rating ini diberikan serta distandarisasi oleh lembaga yang bernama International Electrotechnical Commision.

Ada dua digit

Ada dua digit yang menyertai huruf “IP” di dalam tingkat IP rating. Angka pertama merupakan tingkat perlindungan terhadap objek padat, sementara angka kedua merepresentasikan tingkat ketahanan terhadap cairan.

Untuk diketahui, tingkat ketahanan terhadap benda padat direpresentasikan dengan nomor 1 hingga 6, sementara tingkat ketahanan terhadap cairan diwakilkan dengan angka 1 hingga 8.

Menariknya, angka-angka ini bisa diganti dengan huruf “X”, di mana menunjukkan perangkat elektronik tersebut belum diuji coba tingkat ketahanannya.

Pada praktiknya, IP rating tidak harus diikuti dengan dua angka. IP rating bisa saja terdiri dari satu angka dan satu huruf, seperti IPX5.

Nah, jika ada huruf “X” di tempat digit pertama atau kedua, seperti yang telah disebutkan tadi, maka perangkat elektronik tersebut belum diuji coba tingkat ketahanannya.

Misalnya, seperti IPX5 tadi yang belum dinilai tingkat ketahanan terhadap benda padat (X) namun telah diuji coba dan kuat terhadap semprotan air dari segala arah (5).

Tidak harus diuji coba di seluruh tingkatan

Meski angka “IP” tampak berurutan, sebuah perangkat elektronik bisa saja melewati satu tahap pengujian ketahanan dan langsung ke tahap yang paling tinggi.

Misalnya, sebuah perangkat bisa saja memiliki IP rating IP57 (tahan terhadap alat-alat kecil dan bisa dicelup ke dalam air), tapi ternyata perangkat tersebut bisa rentan terhadap tekanan jari dan tangan (3) serta semprotan air pompa jet (6).

Ini pun kemudian memicu para vendor untuk menjadikan IP rating sebuah “gimmick” demi menarik minat konsumen.

Vendor Android Latah Fitur Tahan Air

Sebab, untuk mendapatkan sebuah rating semata, para vendor sejatinya hanya harus membuat perangkat elektronik tersebut tahan dengan tingkatan yang mereka inginkan tanpa melakukan uji coba ketahanan secara berurutan dan secara keseluruhan dari awal (angka 1).

Untuk lebih lanjut, berikut selengkapnya pemaparan angka yang menyertai huruf “IP” di tingkat IP rating, sebagaimana dirangkum NewsTekno dari SlashGear, Senin (13/5/2019).

Angka pertama – tingkat perlindungan terhadap material kasar (debu, jari, dan alat-alat)
1. Tak ada perlindungan khusus
2. Perlindungan dari tangan dan objek yang diameternya lebih dari 50mm
3. Perlindungan dari jari dan objek yang tak kurang dari 12mm
4. Perlindungan dari alat-alat, kabel, kawat, dan objek lain yang berdiameter 2,5mm
5. Perlindungan dari objek yang ukurannya sekitar 1mm
6. Perlindungan dari material seukuran debu

Angka kedua – tingkat perlindungan terhadap cairan
1. Tak ada perlindungan khusus
2. Perlindungan dari kondensasi air
3. Perlindungan dari tetesan air yang jatuh dari arah 15 derajat (dari atas)
4. Perlindungan dari air yang disemprot dari arah 60 derajat (dari atas)
5. Perlindungan dari semprotan air dari segala arah
6. Perlindungan dari semprotan air pompa jet bertekanan rendah
7. Perangkat bisa direndam di dalam air dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit
8. Perangkat bisa direndam di dalam air dengan kedalaman lebih dari satu meter selama waktu yang bervariasi
9. Perlindungan terhadap perendaman dengan tekanan air yang cukup besar serta lebih lama dari tingkat sebelumnya.

Tags
Back to top button
Close
Close