Ekonomi

SPBU siap layani kenderaan arus balik Lebaran

SPBU siap layani kenderaan arus balik Lebaran.

Banjarmasin – Sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kalimantan Selatan (Kalsel) siap siaga melayani kebutuhan bahan bakar minyak atau BBM bagi angkutan arus balik Idul Fitri 1440 Hijriah.

Pantauan Antara Kalsel di Banjarmasin, Ahad, sejumlah SPBU di provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota itu tampak selalu buka kendati tidak ada kendaraan bermotor yang mengisi bahan bakar.

"Sebab tidak menutup kemungkinan sewaktu-waktu ada kendaraan bermotor yang singgah mau mengisi bahan bakar," ujar operator beberapa SPBU dari Banjarmasin – daerah hulu sungai atau Banua Anam Kalsel.

Daerah hulu sungai atau Banua Anam Kalsel meliputi Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Tengah (HST),; Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan, serta Kabupaten Tabalong yang berbatasan Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Tengah (Kalteng).

"Memang terkadang tidak semua jenis BBM tersedia pada SPBU kami karena keterlambatan droping. Tetapi kami tetap buka dan siap memberikan pelayanan sesuai jenis BBM yang masih ada," tutur Abdillah, salah seorang operator tersebut.

Beberapa SPBU di Kecamatan Matraman Kabupaten Banjar – Binuang, Kabupaten Tapin, yang tetap buka walaupun tidak terlihat kendaraan bermotor yang singgah mengisi bahan bakar.

Kalau dulu dari Banjarmasin – Barabai, ibu kota HST yang berjarak sekitar 165 kilometer itu, keberadaan SPBU bisa dihitung dengan jari, namun kini sudah puluhan, baik bertulisan Pertamina maupun swasta.

Oleh karenanya sekarang bagi mereka yang bepergian dengan kendaraan bermotor dari Banjarmasin – daerah hulu sungai Kalsel relatif tidak perlu khawatir ketiadaan bahan bakar.

"Apalagi selain SPBU yang sudah hampir 'menjamur' di sepanjang jalan arah Banjarmasin – Hulu Sungai, juga terdapat penjual eceran dan SPBU mini ada di depan toko/rumah penginapan," ujar Hamy, warga Martapura Kabupaten Banjar.

Sementara itu, Halim, seorang sopir/pemilik mobil taksi angkutan penumpang umum jurusan Barabai – Banjarmasin (pp) menyatakan tidak sulit mendapatkan bahan bakar di saat Idul Fitri 1440 H.

"Di mana-mana SPBU buka jadi 'kada ngalih' (tidak sulit) mendapatkan bahan bakar," ujar Hamy.

 

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close