Fitness

Demi Pencernaan yang Sehat, Ayo Terapkan 5 Kebiasaan Positif Ini!

Demi Pencernaan yang Sehat, Ayo Terapkan 5 Kebiasaan Positif Ini!. Yuk sayangi lambung dan usus kita

Masalah pencernaan kadang sering dianggap sepele. Padahal saat kamu mengalami maag, sembelit, perut kembung atau mulas aktivitasmu pasti bakal terganggu. Lebih jauh lagi, bahaya kesehatan pencernaan yang lebih buruk bisa mengancam. 

Penting bagi kita menjaga kesehatan pencernaan sedari dini supaya fungsinya bisa tetap bekerja dengan baik. Untuk itu, yuk tingkatan gaya hidup sehat dengan menerapkan beberapa kebiasaan positif berikut.

1. Selalu berpikir positif dan hindari kecemasan berlebih

Demi Pencernaan yang Sehat, Ayo Terapkan 5 Kebiasaan Positif Ini!

Tahu gak kalau rasa cemas, khawatir berlebihan atau bahkan stres bisa mengganggu keseimbangan pencernaan? Ya, sebisa mungkin kamu harus kalahkan stres supaya terhindar dari masalah perut. 

Pada beberapa orang, rasa cemas berlebihan bisa memperlambat pencernaan, menyebabkan kembung, nyeri dan sembelit. Sebaliknya, stres juga bisa mempercepatnya sehingga menyebabkan diare dan sering bolak-balik ke toilet.

Pernah gak kamu merasa marah atau cemas sampai gak nafsu makan? Ini pula faktor yang memperburuk kondisi pencernaan seperti terkena maag dan sindrom iritasi usus.

Untuk itu, cobalah memandang masalah dengan positif. Kamu harus yakin kalau semua masalahmu ada solusinya. Jangan terlalu mengkhawatirkan apa yang belum terjadi. Tetap berpikir positif ya.

2. Ganti kebiasaan merokok dengan makan buah

Demi Pencernaan yang Sehat, Ayo Terapkan 5 Kebiasaan Positif Ini!

Merokok ternyata berpengaruh pada kesehatan pencernaanmu lho! Rokok dapat melemahkan otot yang mengontrol ujung bawah kerongkongan dan memungkinkan asam dari lambung bergerak ke arah yang salah dengan menaiki esofagus, inilah proses yang dikenal sebagai refluks.

Refluks menyebabkan gejala seperti sensasi terbakar di dada yang menyebabkan kondisi maag atau radang usus semakin buruk. Parahnya lagi, rokok juga bisa memicu terjadinya kanker lambung. Untuk itu, lebih baik gantilah sebatang rokok dengan segenggam buah kaya serat yang baik untuk pencernaanmu.

3. Kunyah makanan dengan benar, jangan makan terburu-buru

Demi Pencernaan yang Sehat, Ayo Terapkan 5 Kebiasaan Positif Ini!

Kesibukkan kadang membuat kita terburu-buru saat makan. Padahal menelan makanan tergesa tanpa mengunyahnya dengan benar, lambat laun bisa merusak sistem percernaan kita.

Sebisa mungkin luangkan waktu untuk makan perlahan ya. Cobalah meletakkan sendokmu di antara suapan supaya makanan bisa dikunyah dengan baik. Lebih bagus lagi kalau kamu bisa mengurangi ukuran porsi makan. Misalnya dengan membagi waktu makan lima kali porsi kecil, ini lebih baik daripada tiga kali makan dalam porsi besar.

Hindari juga makan besar sebelum tidur. Minimal kamu harus beri jeda dua hingga tiga jam sebelum berbaring. Perhatikan pula asupan cairannya ya. Minumlah air putih yang cukup.

4. Kurangi minuman yang meningkatkan asam lambung

Demi Pencernaan yang Sehat, Ayo Terapkan 5 Kebiasaan Positif Ini!

Minuman bersoda dan mengandung kafein sebaiknya gak kamu konsumsi secara berlebihan karena bisa mengganggu fungsi pencernaan. Hindari pula minuman keras yang bisa memperburuk gangguan pencernaan akibat meningkatnya produksi asam lambung di perut. Kondisi ini juga memicu terjadinya refluks dan mengiritasi lapisan dari esofagus yang tidak terlindungi.

Selain mengurangi minuman yang tingkatkan kadar asam dalam perut, kamu bisa hindari refluks dengan cara tidur dalam posisi miring ke sebelah kiri dan meninggikan kepala dengan bantal.

5. Turunkan berat badan yang berlebih

Demi Pencernaan yang Sehat, Ayo Terapkan 5 Kebiasaan Positif Ini!

Kelebihan berat badan atau lemak perut dapat menekan perut dan menyebabkan mulas. Mulas adalah proses refluks asam yang terjadi akibat tumpahnya asam lambung ke esofagus atau kerongkongan.

Menurunkan berat badan berlebih beberapa kilo bisa meringankan gejala pencernaan seperti mulas dan keluhan asam lambung lainnya. Rutinlah berolahraga dan jagalah pola makan sehat untuk mendukung proses penurunan berat badan. 

Itulah beberapa kebiasaan positif yang perlu kita terapkan demi menjaga sistem pencernaan supaya tetap sehat. Yuk sayangi lambung dan usus kita dari sekarang!

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close