News

Jadwal Festival di Indonesia Sepanjang Juni 2019

Jadwal Festival di Indonesia Sepanjang Juni 2019. Mengunjungi festival dapat menjadi pilihan kegiatan Anda dalam mengisi waktu liburan.

 News – Kementerian Pariwisata Indonesia menetapkan 100 festival tahunan dalam Calendar of Event (CoE) nasional 2019. Melalui beragam festival ini diharapkan wisatawan dalam maupun luar negeri dapat menikmati keindahan Indonesia baik dari segi alam, budaya, hingga atraksi buatan manusia atau dikenal dengan istilah man made.

Festival-festival tersebut digelar sepanjang tahun yang jadwal penyelenggaraannya telah dirilis sejak awal tahun ini. Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap dengan dirilisnya CoE nasional ini wisatawan semakin banyak wisatawan yang tertarik datang ke Indonesia.

Festival-festival ini juga dapat menjadi pilihan kegiatan kamu mengisi waktu liburan. Berikut ini daftar festival yang dapat kamu kunjungi selama bulan Juni 2019.

1.  Pesta kesenian Bali

Festival ini digelar mulai tangal 15 Juni hingga 13 Juli 2019 di Taman Budaya Art Centre, Bali. Pesta Kesenian Bali dianggap sebagai festival seni terlama, terpanjang dan paling meriah dalam tradisi festival di Indonesia.

Berlangsung selama sebulan penuh, festival ini melibatkan ribuan seniman dari seluruh penjuru Bali. Festival ini berjenjang melalui kompetisi tingkat desa, kecamatan, kabupaten hingga provinsi.

Festival ini juga terkenal dengan karnaval pembukaan yang megah, dan selama empat puluh tahun selalu dihadiri oleh Presiden RI, pesta ini mewakili puncak kerja seni sepanjang tahun. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat menghubungi panitia penyelenggara festival di nomor 08155711854.

2.  Jakarnaval

Jakarnaval digelar pada tanggal 16 Juni 2019 di kawasan Monumen Nasional atau Monas.

Jakarnaval merupakan parade tahunan yang bernuansa budaya yang di selenggarakan dan diadakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta / Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

Untuk informasi lebih lanjut kamu dapat menghubungi panitia penyelenggara di nomor 0215209657 atau 02115209689.

3.  Festival Sriwijaya XXVIII 2019

Festival Sriwijaya akan digelar pada tanggal 16 hingga 23 Juni 2019 di Benteng Kuto Besak, Palembang.

Festival Sriwijaya merupakan satu diantara festival terbesar yang dilaksanakan di Indonesia dengan mempergelarkan berbagai macam kebudayaan bertaraf nasional dan internasional yang pada tahun 2019 ini memasuki pelaksanaannya yang ke-28.

Dalam event tersebut dipergelarkan kebudayaan dari 17 kabupaten/ kota di Sumatera Selatan, juga beberapa daerah Propinsi lain dan negara undangan, berbentuk tarian, drama musikal, lagu daerah, juga didukung oleh beberapa kegiatan yang berhubungan dengan budaya serta kerajaan Sriwijaya, seperti seminar, pameran, dan lain sebagainya.

Untuk informasi lebih lanjut kamu dapat menghubungi nomor 081322728006.

4.  Yadnya Kasada Bromo

Yadnya Kasada Bromo digelar pada tanggal 17 hingga 19 Juni 2019 di Pendopo Desa Ngadisari, Pura Poten, Lautan Pasir.

Yadnya Kasanda dan Bromo Exotica merupakan upacara suku Tengger setiap bulan kesepuluh kalender adat, diselenggarakan di lereng dan kawah Gunung Bromo. Sebagai rasa syukur dan perayaan awal waktu. Upacara adat yang berlangsung ratusan tahun ini, kini diperkaya dengan respon kolaboratif dari seniman yang berasal dari beragai kota.

Untuk informasi lebih lanjut kamu dapat menghubungi nomor 081217535656.

5.  Festival Bakar Tongkang

Festival Bakar Tongkang digear mulai tanggal 28 hingga 30 Juni 2019 di Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, Pekan Baru, Riau.

Festival Bakar Tongkang merupakan ritual budaya masyarakat keturunan Tionghoa Bagansiapiapi yang telah berlangsung sejak kedatangan leluhur warga Tionghoa ke Bagansiapiapi. Ritual pembakaran tongkang yang dimaksudkan juga sebagai tekad untuk tidak kembali lagi ke tanah asal.

Secara ritual, Festival Bakar Tongkang merupakan penghormatan kepada Dewa Khi Ong Ya atau Dewa Laut yang jatuh setiap tanggal 16 bulan 5 penanggalan Imlek atau disebut dengan “Go Ge Cap Lak”. Penanggalan kalender ini sendiri merupakan hari kelahiran Sang Dewa Kie Ong Ya.

Untuk informasi lebih lanjut kamu dapat menghubungi nomor 081374747447.

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close