Entertainment

7 Lagu Ed Sheeran Ini Punya Arti yang Mendalam, Awas Baper!

7 Lagu Ed Sheeran Ini Punya Arti yang Mendalam, Awas Baper!. Lagunya gak selalu bercerita tentang pasangan lho!

Nama Edward Christopher Sheeran tentunya sudah tidak asing lagi di telinga. Cowok yang akrab disapa Ed Sheeran ini merupakan salah satu penyanyi terbaik dunia saat ini. Memulai kariernya di tahun 2004, nama Ed mulai diperhitungkan sejak merilis album pertamanya. Sejak saat itu, popularitas Ed Sheeran terus menanjak hingga saat ini.

Selain memiliki suara emas, Ed juga terkenal dengan kemampuannya dalam menciptakan lagu dan juga sebagai komposer. Gak sedikit dari lagunya yang berhasil mengukir prestasi yang membanggakan. Contohnya saja seperti Shape of You yang dinobatkan menjadi single dengan penjualan terlaris tahun 2017 di Britania Raya dan Billboard.

Ada banyak hal yang bisa menginspirasi seorang Ed Sheeran dalam menciptakan lagu, namun kebanyakan didasarkan pada pengalaman pribadinya sendiri. Gak jarang, lagu-lagu dari Ed memiliki lirik dan makna yang mendalam. Seperti tujuh lagu berikut ini nih!

1. Small Bump

You’re just a small bump unborn, in four months you’re brought to life
You might be left with my hair, but you’ll have your mother’s eyes
I’ll hold your body in my hands, be as gentle as I can
But for now you’re scan of my unmade plans,

Lagu emosional yang ditulis oleh Ed Sheeran ini bercerita tentang pengalaman menyakitkan dan perasaan kehilangan bayi selama kehamilan. Banyak yang berpikir bahwa lagu ini berdasarkan pengalaman Ed sendiri.

Namun ternyata, lagu ini didedikasikan Ed untuk salah seorang sahabatnya yang harus keguguran. Melalui lagu ini, Ed berhasil menggambarkan perasaan sedih orangtua yang harus kehilangan anaknya.

2. Afire Love

And things were all good yesterday
Then the devil took your breath away
And now we’re left here in the pain
Black suit, black tie standin’ in the rain

Lagu yang memiliki lirik mendalam dan emosional ini ditujukan Ed untuk mendiang kakeknya yang menderita Alzheimer. Ed menyelesaikan lagu ini saat prosesi pemakaman sang kakek.

Gak heran kalau lirik yang ia tulis sangat menyentuh dan bisa membuat pendengarnya meneteskan air mata. Ed juga menulis tentang kisah cinta antara kakek dan neneknya. Ia menuliskan kata-kata romantis yang menggambarkan cinta di masa tua.

3. I Don’t Care

Cause I don’t care when I’m with my baby, yeah
All the bad things disappear
And you’re making me feel like maybe I am somebody

Di tahun 2019 ini, Ed Sheeran memberi gebrakan baru dengan melakukan duet dengan Justin Bieber dan merilis lagu ini. Lagu yang ia tulis dengan Bieber ini menceritakan tentang kehidupan sosial, di mana kita harus berada di tempat yang tak kita suka. Namun selama bersama pasangan, hal-hal tak mengenakkan itu takkan jadi persoalan.

Ed Sheeran mengemas lagu ini dengan nuansa musik elektronik yang dikombinasi dengan harmoni vokal. Justin Bieber mampu mengimbangi partner duetnya dengan tak kalah cemerlang. Lagu ini jadi kolaborasi yang sama-sama menonjolkan potensi kedua penyanyi.

4. Photograph

We keep this love in a photograph
We made these memories for ourselves
Where our eyes are never closing
Hearts are never broken
And time’s forever frozen still

Ed Sheeran memang paling jago membuat lagu berdasarkan pengalaman pribadinya. Salah satunya lagu Photograph ini. Siapa yang sangka jika lagu ini bercerita tentang hubungan LDR yang pernah dialami Ed dengan sang mantan, Nina Nesbitt.

Ketika itu, Ed harus berhubungan jarak jauh dengan Nina selama 5 bulan. Untuk mengungkapkan kerinduannya, Ed akhirnya menulis lagu ini.

5. Castle on The Hill

I’m on my way
Driving at ninety down those country lanes
Singing to “Tiny Dancer”
And I miss the way you make me feel, and it’s real
We watched the sunset over the castle on the hill

Ed mengemas Castle on the Hill dengan sangat apik. Seluruh ingatannya akan lingkungan tempat tinggalnya dulu bersatu padu dengan musik pop rock yang diberi sentuhan folk, membuat Castle on the Hill terdengar megah.

Melalui lagu ini, Ed Sheeran bernostalgia dengan kenangan masa kecilnya. Bagaimana ia menghabiskan waktu bersama teman-temannya, hingga tanpa sadar ia dan teman-temannya telah dewasa.

6. The A Team

And they say
She’s in the Class A Team
She’s stuck in her daydream
Been this way since eighteen

Ed Sheeran menjelaskan bahwa lagu ini terinspirasi dari penampilan langsung yang ia bawakan saat berumur 18 tahun di sebuah penampungan tunawisma. Saat itu, ia menyaksikan para wanita yang berjuang dengan ketergantungan narkoba kelas A.

Dalam lagu ini juga diceritakan seorang perempuan yang kecanduan narkoba dan melakukan apa saja demi memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. Mereka bahkan rela menghabiskan malam dengan laki-laki yang tidak dikenalnya hanya untuk mendapatkan uang. 

7. Bibia Be Ye Ye

Someone told me, “always say what’s on your mind”
And I am only being honest with you, I
I get lonely and make mistakes from time to time
So no man call ya, bibia be ye ye

Bibia Be Ye Ye mempunyai arti semua akan baik-baik saja. Judul tersebut menggunakan salah satu dari bahasa asli Ghana, Twi. Ed menulis lagu ini ketika ia tinggal di Ghana pada saat hiatus.

Bahkan Ed memasukkan budaya Afrika atau Ghana dalam albumnya. Lagu ini menampilkan keragaman di antara budaya yang berbeda. Perbedaan tersebutlah yang membuatnya menjadi istimewa dan unik untuk dilihat.

Nah, itulah tadi tujuh lagu Ed Sheeran yang memiliki makna yang dalam. Ed Sheeran memang dikenal dengan lagu romantisnya yang juara banget! Namun siapa sangka, jika banyak juga lagu Ed yang diciptakannya dari momen-momen tak terduga yang ia alami. Jadi, kamu paling suka lagu Ed yang mana aja nih?

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close