Ekonomi

Wisatawan Nusantara Asal Sulut Dominasi Kunjungan Ke Pulau Saronde

Wisatawan Nusantara Asal Sulut Dominasi Kunjungan Ke Pulau Saronde.

Gorontalo – Wisatawan nusantara asal Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mendominasi kunjungan wisata ke Pulau Saronde, Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, pada masa libur Lebaran 2019.

Ashin Ali dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gorontalo Utara di Gorontalo, Minggu, memperkirakan 5.000 wisatawan nusantara asal Sulawesi Utara datang berlibur ke Pulau Saronde.

Mereka mulai berdatangan sejak H+1 Idulfitri 1440 Hijriah dan memilih lama tinggal 2 hingga 3 hari.

Wisatawan nusantara lainnya berasal dari Pulau Jawa dan Jakarta yang mencapai 500-an orang.

"Pesona wisata bahari di daerah ini tetap memikat wisatawan," ujarnya.

Ia mengakui bahwa kendala minimnya sarana penginapan cukup mempengaruhi lama tinggal wisatawan.

Mereka yang datang dari luar kota, kata dia, rata-rata tidak bisa tinggal lama di kabupaten ini karena minimnya sarana penginapan.

"Rata-rata wisatawan nusantara yang tidak mendapatkan sarana penginapan, terpaksa tinggal di Kota Gorontalo. Hal ini menyebabkan potensi mereka tinggal lebih lama tidak sesuai dengan harapan," ucap Ashin.

Kondisi itu, menurut Ashin,  cukup memengaruhi perekonomian lokal sebab rata-rata wisatawan yang datang sekadar menikmati keindahan objek wisata namun tinggal di daerah tetangga.

Ke depan, pihaknya akan terus berupaya meminta dukungan pembangunan sarana dan prasarana pariwisata yang lebih memadai agar wisatawan dapat tinggal lebih lama menikmati pesona wisata di daerah itu.

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close