Travel tips

Cara Mudah dan Murah Menuju Karimunjawa Ala Backpacker

Cara Mudah dan Murah Menuju Karimunjawa Ala Backpacker. Tanpa perlu mahal

News – Karimunjawa memiliki keelokan pesona alam yang luar biasa. Pantai-pantai yang megah dan biota laut yang cantik menjadi daya tarik tersendiri pulau ini.

Menariknya, ternyata menuju Karimunjawa tidaklah memerlukan biaya yang mahal.

Ada beberapa cara menuju ke Karimunjawa tergantung bagaimana gaya traveling kamu. Jika kamu malas ribet dan ingin fokus menikmati liburan, kamu bisa menggunakan jasa agen travel yang akan menyiapkan perjalanan dari kotamu hingga menuju Karimunjawa.

Tapi jika kamu ingin menghemat budget perjalanan, kamu bisa menerapkan gaya traveling ala backpacker.

Nah, berikut NewsTravel mencoba memberikan panduan cara hemat menuju Karimunjawa ala backpacker yang bisa kamu coba:

1. Gunakan kereta atau bus

Untuk sampai ke Karimunjawa, kamu bisa mencari kendaraan yang akan membawamu ke Semarang terlebih dahulu.

Dari lokasimu, carilah kendaraan menuju ke Semarang. Jika tujuanmu adalah berhemat, tentunya kereta ekonomi atau kendaraan berupa bus adalah pilihan terbijak.

Jika menggunakan kereta, dari stasiun carilah kendaraan menuju ke terminal Terboyo, Semarang. Tapi jika menggunakan bus, pastikan bus yang kamu tumpangi nantinya turun di Terminal Terboyo.

Untuk kamu yang berasal dari Jakarta, kamu bisa menggunakan cara di atas, tapi bisa pula mencari bus yang langsung turun di terminal Jepara.

2. Naiklah Bus Mini menuju Ke Jepara

Jika kamu turun di Terminal Terboyo, selanjutnya carilah bus mini menuju ke Jepara. Bus mini dari Terminal Terboyo menuju ke Jepara ada sekitar pukul 03.00 WIB sampai sekitar pukul 05.00 WIB.

Lama perjalanan menggunakan bus dari Semarang ke Jepara berkisar dua jam.

Nantinya, mintalah kepada kondektur bus untuk diturunkan ke tempat terdekat dengan Pelabuhan Kartini. Biaya bus berkisar Rp 15.000- Rp 20.000

3. Menyeberang ke Karimunjawa

Dari pelabuhan Kartini terdapat dua kapal untuk menyebrang ke Karimunjawa. Yakni kapal ferry dan kapal cepat.

Jika ingin menghemat biaya perjalanan, Kapal Siginjai merupakan pilihan yang tepat. Untuk naik kapal ferry ini hanya diperlukan biaya sekitar Rp 72.000 dengan lama perjalanan berkisar antara 4-5 jam.

Namun, kapal ini hanya ada saat-saat tertentu, yakni hari Senin, Rabu, Jum’at dan Sabtu. Sebelum merencanakan perjalanan ke Karimunjawa, ada baiknya untuk memastikan waktu keberangkatan kapal terlebih dahulu.

6 Aktivitas Wisata di Karimunjawa Selain Snorkeling dan Diving

4. Menyewa motor

Warga Karimunjawa banyak yang berprofesi sebagai tour guide yang bisa mengantar para wisatawan menjelajah Karimunjawa. Harga yang ditawarkan pun cukup kompetitif.

Jika sebelumnya menuju Karimunjawa kamu sudah berusaha menekan biaya perjalanan dengan cara-cara di atas, menggunakan jasa tour guide saat sudah sampai di Karimunjawa tentu tak akan membuat pengeluaranmu kebobolan. Malah, kamu bisa maksimal dalam menikmati liburan karena perjalananmu sudah ada yang mengatur.

Namun jika kamu tetap mengupayakan untuk jelajah tanpa menggunakan tour guide sesampainya di Karimunjawa, kamu bisa menjelajahi pulau ini dengan menyewa motor.

Harga sewa motor di Karimunjawa berkisar antara Rp 75.000.

5. Menginaplah di homestay rumah warga

Jika menggunakan tour guide, biasanya perkara penginapan ternasuk pula pilihan tur laut, sudah disiapkan menyesuaikan budget yang kamu miliki.

Tapi jika memang berniat datang sendiri kamu bisa mencari penginapan selama di Karimunjawa dengan bertanya ke warga sekitar.

Cukup banyak rumah-rumah penduduk yang dijadikan homestay dengan harga-harga yang cenderung murah.

Penginapan di sana bahkan ada yang harga kamar per malamnya tak sampai Rp 100.000.

Jadi bagaimana, masih berpikir ke Karimunjawa butuh biaya mahal?

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close