Headline

Ular Besar Turun Gunung, Memakan Ternak dan Meneror Warga

Tuban – redaksi.co.id, Sejumlah ular phyton berukuran raksasa memasuki pemukiman penduduk di perbukitan Kapur kabupaten Tuba.Hewan melata tersebut tak hanya membuat warga resah namun juga menimbulkan teror bagi warga yang banyak kehilangan binatang ternak, seperti ayam dan unggas. Dua ekor ular diantaranya telah berhasil ditangkap warga yang melakukan perburuan sejak sepekan terakhir.

Ketenangan warga dusun Ngroto desa Bektiharjo kecamatan Semanding kabupaten Tuban sedikit terusik. Beberapa minggu terakhir kampung mereka kerap disatroni ular-ular besar yang turun dari perbukitan kapur. Tidak hanya masuk pemukiman, hewan melata itu juga memakan ternak milik warga seperti ayam dan unggas.

Merasa khawatir, warga ramai-ramai melakukan perburuan hasilnya mereka menangkap dua ular jenis pyton atau sowo kembang berukuran masing-masing tiga meter dalam sepekan terakhir. Ular pemakan ternak itu ditangkap hidup-hidup dan kini dipelihara salah seorang warga di rumahnya sedangkan satu ular lainnya telah dijual warga karena tidak ada yang memeliharanya.

Ketika memasuki musim penghujan ular-ular berukuran besar memang kerap turun bukit menuju pemukiman warga. Hal itu dilakukan untuk mencari makanan seperti ayam dan unggas karena hewan-hewan yang menjadi mangsanya di hutan yang terletak diperbukitan setempat kini makin langka akibat perburuan liar.Sejak awal musim penghujan lalu Darmaji, warga setempat mengaku telah beberapa kali didatangi ular jenis sowo kembang berukuran besar. Diduga ular sowo kembang banyak hidup dan bersarang di wilayah perbukitan kapur sekitar.

Ular yang tertangkap ini rencananya akan dipelihara dan akan dijual namun bila ada petugas meminta untuk ditempatkan di kebun binatang maka ular ini akan diserahkan secara sukarela.(fer)

Related Articles

Back to top button
Close
Close