Headline

BBM Turun Harga Sembako Makin Meroket

Lumajang – redaksi.co.id, Turunya harga BBM ternyata berbanding terbalik dengan harga kebutuhan pokok. Buktinya harga sejumlah sembako di Pasar Tradisional di Lumajang terus meroket. Bahkan harga telor naik hingga 20 persen.

Harga sembako di Pasar Tradisional Wates Wetan Kecamatan Ranuyoso Lumajang Jawa Timur ini, terpantau terus meroket. Misalnya harga  telor dalam negeri, yang awalnya Rp. 19 ribu, kini tembus Rp. 22 ribu per kilo gramnya. Harga beras dengan kualitas sedang, awalnya Rp. 9.500, kini telah tembus Rp. 10 ribu. Harga ketan dari Rp. 11 ribu menjadi Rp. 12500 per kilo gramnya.

Sedangkan beras jagung juga naik dari Rp 4.000 menjadi Rp. 4500 per kilogramnya. Sementara harga minyak goreng curah dari Rp. 9.500 menjadi Rp.10. 500 perkilo gramnya dan  harga gula naik dari Rp. 8.500 kini tembus menjadi Rp. 9.000 per kilo gramnya.

Ironisnya kenaikan harga sembako ini ditengah menurunnya harga bbm. Sehingga penurunan harga BBM tak berpengaruh pada makin melonjaknya harga sembako, yang makin tidak terkendali. Subhan, pedagang sembako di Pasar Ranuyoso menyatakan, kenaikan harga sembako berpengaruh pada daya beli masyarakat.

Sebab, kenaikan harga sembako ini tak berbanding lurus dengan naiknya harga komoditas pertanian warga Warga berharap Pemkab Lumajang menstabilkan harga kebutuhan pokok tersebut dan menyesuikan dengan menurunnya harga BBM. (mud)

Related Articles

Back to top button
Close
Close