Kesehatan

Penderita Epilepsi Jangan Olahraga Sembarangan

Surabaya – redaksi.co.id, Olahraga setiap hari menyebabkan tubuh kita menjadi sehat. Lebih baik lagi jika di lakukan secara teratur dan benar. Namun, bagi penderita epilepsi, ada beberapa olahraga yang sebaiknya tidak dilakukan, karena memang cukup berbahaya untuk penderita epilepsi tersebut. Olahraga apa saja itu ?.

Olahraga jika dilakukan dengan benar tentu dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. Namun meskipun demikian, untuk pasien epilepsi tetap harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu sebelum berolah raga. Tidak semua jenis olahraga cocok dilakukan oleh pasien epilepsi. Terlebih jika kekambuhan kejang yang dialami oleh pasien masih belum terkontrol.

Epilepsi sendiri sebenarnya merupakan sebuah gangguan yang terjadi di sistem syaraf otak manusia yang di sebabkan adanya aktivitas kelompok sel neuron yang terlalu berlebihan hingga akhirnya terjadi beberapa reaksi dari diri penderitanya.

Pernyataan ini disampaikan oleh neurolog dari salah satu rumah sakit ternama di Indonesia. Menurutnya, olahraga memang cukup baik bagi kesehatan pasien, tetapi yang penting tahu kekambuhan dari kejang yang dialami oleh pasien epilepsi tersebut. Jika pasien kejangnya belum terkontrol maka tidak boleh berenang, karena jika kejang saat berenang, bisa sangat berbahaya bagi keselamatan nyawa.

Selain berenang olahraga yang sebaiknya di hindari adalah rock climbing dan bersepeda. Karena jika tiba tiba kejang pasien kambuh, pasien bisa saja jatuh dan akan menjadi celaka. Masih ada beberapa jenis olahraga yang bisa di lakukan oleh pasien epilepsi. Salah satunya olahraga yang tidak memerlukan alat berat atau tidak di lokasi yang membahayakan bisa dilakukan oleh pasien epilepsi. Seperti lari, Badminton, atau Pingpong.(pul)

Related Articles

Back to top button
Close
Close