Politik

Pemkab Trenggalek Bakal Terima Bagi Hasil Pengelolaan Hutan

Trenggalek – redaksi.co.id, Pemerintah Kabupaten Trenggalek akan segera mendapatkan kucuran Pendapatan Asli Daerah dari dana bagi hasil pengelolaan hutan. Kepastian ini didapat setelah pihak perhutani menyambut baik penerbitan perda tentang pengelolaan hutan .

Keinginan Pemerintah kabupaten Trenggalek untuk mendapatkan tambahan PAD dari pengelolaan hutan dipastikan akan segera terealisasi. Kepastian ini didapat setelah pihak Perhutani mengamini penerbitan peraturan daerah atau perda tentang kerjasama pengelolan hutan.

Wakil Administratur Perhutani Kediri Selatan , Andy Iswindarto  mengatakan , saat ini pihaknya masih melakukan komunikasi dengan pemerintah daerah terkait dengan Perda maupun peraturan Bupatinya. Menurutnya , secara garis besar kerjasama pengelolaan hutan tersebut akan dilakukan oleh tiga pihak yakni Lembaga Masayarakat Desa Hutan, Pemerintah Daerah dan pihak Perhutani.

“Jenis kerjasama yang dilakukan yakni terkait dengan pengelolaan tanaman non tegakan utama. Dari pengelolaan tanaman non tegakan utama tersebut , masing-masing pihak akan menerima bagi hasil,”kata Andy

Namun andy mengaku masih belum bisa merinci porsi bagi hasil tersebut, karena masih dalam tahap perumusan., Pihak Perhutani mengaku , potensi hasil tanaman non tegakan utama di wilayah perhutani Kediri selatan diperkirakan bisa mencapai lebih dari 10 miliar . Mengingat dari hasil cengkeh saja jumlah pendapatan yang dihasilkan bisa mencapaienam miliar pertahun .(pul)

Related Articles

Back to top button
Close
Close