Kesehatan

Menderita Hipospadia, Remaja Putri Ngawi Operasi Ganti Kelamin Jadi Pria

Ngawi – redaksi.co.id, Beridentitas perempuan selama 15 tahun remaja penderita hipospadia asal kabupaten Ngawi secara psikologi mengalami tekanan batin sebelum menjalani operasi bedah kelamin. Pelajar SMP tersebut bahkan pernah hendak bunuh diri karena tertekan secara psikologi.

Mendapat dukungan dari kerabatnya Rahmat Nur Hidayat mulai merasakan hidup baru di rumahnya desa Grudo kota Ngawi pasca operasi bedah kelamin. Remaja yang sebelumnya dikenal sebagai Silviana Putri Damayanti telah mengubah penampilannya sebagai pemuda macho.

Kini Rahmat tak sungkan lagi untuk menunjukkan jati dirinya sebagai lelaki saat bergaul dengan teman-temannya. Dengan percaya diri Rahmat berkomunikasi seperti terlepas dari penjara psikologi yang membelenggunya selama 15 tahun. Meski merasa sedikit aneh teman dekat Rahmat  bisa menerima perubahan tersebut.

Sebagai penderita hipospadia Rahmat saat masih bernama Silviana mulai merasa aneh dengan perkembangan fisik dan mentalnya yang sebenarnya laki-laki. Karena terjadi pertentangan bathin yang hebat Rahmat sempat curhat kepada bibinya Puji Asmuning ingin mati atau bunuh diri.

penyakit hipospadia adalah kelainan bawaan lahir pada anak laki-laki, yang dicirikan dengan letak abnormal lubang kencing tidak di ujung kepala penis seperti layaknya tetapi berada lebih ke bawah atau lebih pendek.

Kekurangpahaman keluarga dan lingkungan terhadap  hipospadia membuat Rahmat serta ribuan anak harus menderita selama bertahun-tahun karena dipaksa menjadi perempuan. Diharapkan pengalaman Rahmat Nur Hidayat bisa menjadi pencerahan bagi masyarakat agar kasus serupa tak terulang.(fer)

Related Articles

Back to top button
Close
Close