Uniknya Balap Kelinci Warga Lumajang

Lumajang – redaksi.co.id, Lomba balap kelinci di Desa Sukosari, Kecamatan Kunir Lumajang disambut antusias masyarakat . Tidak hanya anak muda dan anak anak , orang dewasa juga turut menyemarakkan lomba tersebut .

Lapangan yang berukuran satu meter setengah dengan panjang lima puluh lima meter ini telah dikerumuni warga sekitar sejak pagi . Satu persatu para peserta pun datang dengan membawa hewan kelincinya itu. Beberapa kelinci berada dalam sangkarnya dikeluarkan oleh pemiliknya, untuk dipijit dan di kasih minum jamu-jamuan. Seperti kunci, jahe dan madu.
 
Tidak hanya itu, agar larinya kencang, para pemilik juga tak kekurangan akal. Mereka memasang beberapa aksesoris pendukung agar kelinci mereka berlari maksimal. Seperti kantong plastik, kaleng, dan jarum-jaruman yang sudah dirakitnya.
 
Saat kelinci sudah memakai semua aksesori, para pemilikpun bersiap di garis start untuk memulai perlombaan. Tak ketinggalan, warga mulai dari anak-anak, pemuda hingga kalangan dewasa berbondong-bondong datang kelokasi arena balap kelinci untuk menyaksikan balap kelinci tersebut.
 
Saat aba-aba dikibarkan oleh panitia pelaksana, pasang demi pasang kelincipun berlari melaju ke garis finish.
 
Acara tersebut diikuti oleh empat puluh delapan peserta untuk satu grup perlombaan . Acara balap kelinci tersebut digelar dalam rangka meningkatkan kepedulian masyarakat untuk beternak kelinci , serta menjalin kekerabatan diantara sesama pecinta hewan kelinci .
 
Lomba balap kelinci ini, memperebutkan hadiah satu ekor kambing , lemari es dan televisi . Meski tidak seberapa  besar  hadiahnya, para peserta lebih memaknai kegiatan tersebut untuk menjalin persaudaraan.(pul)