Headline

Gunung Semeru Muntahkan Lahar Dingin

lumajang – redaksi.co.id, Banjir lahar hujan Gunung Semeru, kembali menerjang Sungai Bondeli di Lumajang. Akibatnya, aktivitas warga terganggu. Warga harus menunggu air surut untuk bisa pulang ke rumah mereka.

Warga dusun Kajar Kosong, Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Lumajang ini, terpaksa menerjang derasnya arus Sungai Bondeli. Hal ini dilakukan setelah mereka cukup lama menunggu air surut. Bahkan seorang ibu dan anaknya, juga nekad menyeberang sungai dengan dibantu suaminya.
 
Meski terlihat tidak terlalu besar, namun aliran lahar Gunung Semeru ini cukup berbahaya karena merupakan aliran debris, atau aliran air yang disertai batu dan deras. Jika tidak hati-hati, kaki kita bisa lecet akibat terkena batu.
 
Menurut warga, Dusun Kajar Kosong merupakan perkampungan yang terisolir saat lahar hujan semeru. sebab, tidak ada jembatan maupun jalur alternatif lain yang bisa sampai ke rumah mereka.  
 
Lahar hujan Gunung Semeru sendiri terjadi setelah kawasan lereng dan puncak Gunung Semeru diguyur huhan deras. Akibatnya, banjir lahar semeru memenuhi tiga daerah aliran sungai, yakni Besuk Kobokan, Besuk Bang, dan Besuk Sat. (pul)
 

Related Articles

Back to top button
Close
Close