Kesehatan

Jangan Remehkan Nyeri Pada Gigi Anda

Surabaya – redaksi.co.id, Nyeri pada gigi memang tidak bisa disepelekan. Karena ternyata nyeri pada gigi anda bisa saja berpotensi kepada gangguan bagian mulut yang lainnya.

Nyeri pada gigi bisa disebabkan oleh hal-hal yang nantinya berpotensi mengakibatkan gangguan pada segenap isi mulut yang lebih serius. Lantas seperti apa saja nyeri pada gigi yang tidak dapat disepelekan.

Pertama, gigi sensitif karena dingin. nyeri yang terasa menusuk dari dasar gigi ini biasanya muncul setelah minum minuman yang dingin atau terkena angin kencang dimusim penghujan. Namun bila sensasi nyeri ini muncul tak lebih dari 5 sampai 10 detik, itu artinya tidak ada yang serius. Lain halnya bila nyerinya tahan lama, karena bisa jadi gigi anda bolong atau tambalan di gigi anda sudah rusak. Bila sekujur mulut terasa tak nyaman, bisa jadi ini ada kaitannya dengan gangguan gusi. Sedangkan jika salah satu bagian mulut menglami iritasi, ada kemungkinanan susunan gigi anda bergeser atau enamel gigi anda terkelupas.

Kedua sakit gusi. Kalau gusi anda nyeri di bagian tertentu, biasanya karena ada sisa makanan yang terjebak di dalamnya. Jika tidak, ini mungkin saja gejala paling dini dari gangguan gusi tertentu, terutama bila gigi sering tidak dibersihkan secara menyeluruh. Kemungkinan lainnya adalah jaringan di dalam pulpa gigi mengering atau terinfeksi.

Ketiga, sakit saat menggigit. nyeri lain yang kerap diabaikan adalah rasa sakit ketika mengunyah atau menggigit sesuatu. Ini artinya gigi taring anda sudah pecah atau mengalami keretakan, kalau tidak, ya bisa jadi karena menggigit sesuatu yang terlalu keras, dan ada jaringan saraf yang mati atau gigi abses.(pul)

Related Articles

Back to top button
Close
Close