Hal Yang Perlu Di Lakukan Usai Banjir Surut

Jakarta – redaksi.co.id, Banjir memang tengah menggenangi beberapa wilayah di Indonesia. Seperti yang kita tahu bahwa beberapa waktu yang lalu Ibu Kota terkepung banjir. Tidak sedikit rumah warga yang juga ikut terendam banjir.

Beberapa posko pengungsian bagi warga yang rumahnya terkena banjir kini mulai ditinggalkan. Air banjir yang sudah surut menjadikan warga berani untuk pulang kerumahnya.  Namun para korban banjir juga harus berhati-hati, karena usai banjir masih ada ancaman penyakit yang bisa menyerang pasca banjir surut.

Agar tidak gampang sakit usai banjir,  beberapa praktisi kesehatan, memberikan sejumlah saran. Pertama, jangan mengonsumsi ataupun menggunakan air yang kasat mata tak bersih. Air yang aman di konsumsi adalah yang tidak berwarna dan tak berbau.

Kedua, mereka menyarankan agar lumpur banjir yang masuk ke rumah segera di bersihkan  menggunakan air biasa. Kemudian baru di bersihkan dengan desinfektan yang banyak di jual di pasaran.

Ketiga, menjaga area yang di tinggali tetap kering. karena bakteri dapat hidup pada daerah yang lembab. Ke empat, istirahatlah yang cukup. Tinggal di pengungsian bukan perkara yang mudah. Bersih bersih rumah juga cukup menguras tenaga, karena itu ada baiknya anda segera beristirahat. Setelah selesai membersihkan rumah anda dari sisa-sisa banjir.

Secara umum air yang menggenang  saat bajir berasal dari air tanah. akan tetapi, saat meluap air tersebut bercampur oleh komponen lain yang bisa membuat tercemar dan sangat berbahaya bagi kesehatan. Lumpur pasca banjir surut tidak akan berbahaya bila hanya mengendap di rumah dalam jangka pendek atau langsung di bersihkan. Namun jika di diamkan terlalu lama bakteri akan semakin banyak, serta memudahkan bakteri tersebut berkembang biak, yang bisa menimbulkan berbagai penyakit, seperti diare, muntaber, dan juga alergi.(pul)