Headline

Etnis Tionghoa di Magetan Rayakan Imlek Secara Sederhana

Magetan – redaksi.co.id, Tidak seperti daerah lainnya, yang cukup meriah, pelaksanaan imlek di kabuapaten Magetan, terbilang cukup sederhana. Ini disebabkan karena warga penganut Khonghucu Tionghoa di Magetan relatif sedikit. Akan tetapi kesederhanaan itu tidak menghilangkan khidmatnya dalam merayakan imlek, tahun baru kambing kayu 2566.

Di klenteng Hui Ming Myao, yang ada di jalan Yos Sudarso Magetan ini, umat Khonghucu kabupaten Magetan merayakan tahun baru imlek.

Satu persatu warga penganut ajaran Konghuchu melaksanakan sembahyang tahun baru imlek  2566 ini. Pelaksanaan ibadat imlek di Magetan, memang terbilang cukup sederhana.

Catatan dari pengurus Klenteng Hui Ming Myao, atau tempat peribadatan tridharma Magetan, hanya ada 4 kepala keluarga di Magetan yang masih setia menganut kepercayaan Khonghucu.

Namun, hal tersebut tidak mempengaruhi kekhusukan umat Khonghucu untuk berdoa menyambut datangnya tahun kambing kayu.

Termasuk menghiasi klenteng dengan pernak-pernik khas perayaan tahun baru imlek. Seperti jeruk pamelo, buah naga dan lainnya.

Pengurus klenteng Hui Ming Myao Magetan, Tony Wijaya, menjelaskan tahun baru imlek 2566 ini dimaknai sebagai doa untuk keselamatan bersama, mensyukuri yang ada, dan kebersamaan antar sesama umat manusia. T

ony wijaya menjelaskan, untuk memberi kenyamanan bagi umat Khonghucu,  dalam waktu dekat pihaknya akan segera merenovasi klenteng yang ada di tengah kota Magetan. Karena beberapa bagian bangunan memang sudah udzur.(fer)

Related Articles

Back to top button
Close
Close