Headline

Heboh Warga Sumenep Temukan Batu Mulia Di Sebuah Bukit

Sumenep – redaksi.co.id, Sejumlah warga di Kabupaten Sumenep, di hebohkan oleh penemuan batu mulia di sebuah bukit di Desa Nyabakan Timur, Kecamatan Batang-Batang Sumenep.

Penemuan batu mulia di sebuah bukit berawal saat salah satu warga terkejut melihat bongkahan batu di bukit tersebut memiliki beragam warna. Sontak kabar penemuan tersebut tersebar dengan cepat, sehingga warga berbondong-bondong mendatangi bukit yang dikenal dengan bukit sesamar tersebut.

sebelumnya bukit sesamar lokasi penemuan batu akik diyakini keramat oleh warga setempat. Tak ayal, jika setiap harinya banyak warga yang datang ke bukit tersebut untuk menambang dan mencari batu mulia yang berusia ratusan tahun.

Kabar penemuan batu mulia juga terdengar oleh sejumlah penggemar dan kolektor batu di wilayah Sumenep. Karena penasaran para penggemar dan kolektor batu mulia mendatangi lokasi penemuan. 

“Namun pendatang hanya bisa membeli batu mulia yang telah jadi, atau membeli batu mulia yang masih berupa bongkahan,” kata Abdus Salam salah seorang penambang batu  mulia.

Guna menghingdari kerusakan lingkungan, warga mulaaimelingdungi sebagian dari bebatuan di bukit sesamar tersebut, agar tidak ditambang secara radikal. Warga secara swadaya warga memberi pagar dengan alat seadanya, serta membuat tulisan larangan menambang batu. (pul)

Related Articles

Back to top button
Close
Close