Headline

5 Titik Tanggul Bengawan Solo Rawan Longsor

Tuban – redaksi.co.id, Sebanyak 5 titik tanggul utama sungai Bengawan Solo di wilayah kabupaten Tuban, dalam kondisi kritis dan mengkhawatirkan. Tanggul longsor masing-masing sepanjang lebih dari 100 meter akibat terkikis arus air sungai yang terus meningkat dalam dua pekan terakhir.

Sebanyak 5 titik tanggul utama sungai Bengawan Solo yang dinyatakan kritis tersebut, masing-masing berada di desa Kedungharjo, kecamatan Widang di desa Kebomlati, Bandungrejo, dan desa Kedungsoko, kecamatan Plumpang, serta di desa Kanorejo, kecamatan Tengel, Tuban.

Kondisi kelima titik tanggul tersebut, dinilai mengkhawatirkan dan rawan jebol akibat longsor masing-masing sepanjang lebih dari seratus meter.  

Bahkan tak hanya longsor, posisi tanggul yang dekat dengan pemukiman, juga mengancam keberadaan beberapa rumah warga yang berada di bantaran sungai.

Terkait hal ini, wakil bupati Tuban, Noor Nahar Husein, menyatakan pihaknya telah memantau dan memetakan titik-titik tanggul yang kritis tersebut.

Guna mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Perbaikan darurat akan segera dilakukan dalam waktu dekat. Perbaikan akan dilakukan secara gotong royong bersama warga sekitar, yang tinggal disepanjang aliran sungai Bengawan Solo mulai dari wilayah kecamatan Widang hingga kecamatan Soko.(fer)

Related Articles

Back to top button
Close
Close