Ekonomi Dan Bisnis

Pebasket Terkaya Dunia Menangkan Gugatan Merek di China

redaksi.co.id – Pebasket Terkaya Dunia Menangkan Gugatan Merek di China

Mahkamah Agung China memenangkan legenda basket Amerika Serikat (AS) Michael Jordan terkait sengketa merek dagang dengan perusahaan di negaranya.

Salah satu perusahaan produk olah raga asal China diminta untuk berhenti menggunakan karakter nama Jordan, yang dalam bahasa China dibaca Qiaodan.

Qiaodan Sports mendaftarkan nama usahanya tersebut lebih dari satu dekade lalu. Namun, hal ini yang kemudian menuai tuntutan dari kubu Jordan melalui tim pengacaranya. Qiaodan Sports dinilai membangun bisnisnya dengan memakai nama Jordan tanpa izin.

Jordan pun menyambut baik keputusan yang bertolakbelakang dengan putusan pengadilan sebelumnya.

“Saya senang bahwa Mahkamah Agung telah mengakui hak untuk melindungi nama saya melalui putusan dalam kasus merek dagang tersebut,” jelas Jordan seperti melansir laman BBC, Jumat (8/12/2016).

Menurut dia, konsumen di Cina layak mengetahui jika Qiaodan Sport dan produk-produknya tidak memiliki hubungan dengan dirinya.© Michael Jordan (hdnextyear) Michael Jordan

“Tidak ada yang lebih penting daripada melindungi nama Anda sendiri, dan keputusan hari ini menunjukkan pentingnya prinsip itu,” jelas dia.

Bintang basket ini mulai mengajukan gugatan hukum terhadap Qiaodan Sports pada 2012. Timnya berpendapat bahwa merek dagang Qiaodan ini telah melanggar hak-hak hukum, karena menggunakan nama Jordan tanpa izin.

Tim pengacara Jordan kemudian meminta pengadilan untuk membatalkan lebih dari 60 merek dagang yang digunakan perusahaan tersebut.

Meski Pengadilan setuju Qiaodan Sports telah melanggar hukum merek dagang dan harus mencabut pendaftaran nama usahanya, namun kemenangan Jordan hanya parsial.

Perusahaan memang tidak lagi dapat menggunakan nama Cina Jordan, namun pengadilan tetap membolehkan putusan yang memungkinkan perusahaan untuk menggunakan versi lain dari pengucapan Qiaodan, yaitu Chee-ow-Dahn.

Michael Jordan tercatat sebagai atlet dunia yang memiliki pendapatan terbesar sepanjang perjalanan kariernya, menurutMajalah Forbes. Pendapatan yang diraih Jordan mencapai US$ 1,7 miliar.

Michael Jordan memulai kariernya di NBA di tahun 1984. Selama kariernya, ia telah mengoleksi enam gelar juara dan lima kali ditunjuk sebagai pemain terbaik. Ia pensiun dari dunia basket di tahun 2003.(Nrm/Ndw)

(red/ovi/riawan/NT)

Related Articles

Back to top button
Close
Close