Olah Raga

6 Pesepak Bola Dunia Ini Terjerat Kasus Doping dan Narkoba

redaksi.co.id – 6 Pesepak Bola Dunia Ini Terjerat Kasus Doping dan Narkoba

Kehidupan para pesepak bola di luar lapangan seringkali tidak banyak diketahui publik. Tidak sedikit dari para pesepak bola yang mengambil langkah salah dalam pergaulannya sehari-hari.

Beberapa nama pesepak bola dunia bahkan sempat tenggelam dalam pengaruh buruk narkotika, zat, dan obat-obatan terlarang. Padahal, sebagai atlet, gaya hidup mereka dituntut lebih baik dari orang biasa.

Seorang pesepak bola sejatinya harus sehat fisik dan jasmani. Akan tetapi, beberapa kali pesepak bola tertangkap melakukan cara-cara yang tak sportif, seperti menggunakan narkoba sebagai doping. Ada enam pemain yang tercatat pernah terjerat kasus ini.

Untuk itu, Liputan6.com mencoba menelaah enam pesepak bola yang pernah terjerat kasus ini. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya:

Jaap Stam

Mantan bek Manchester United ini ternyata pernah tersangkut masalah narkoba. Kariernya seakan tenggelam tatkala meninggalkan Red Devils pada 2001 silam.

Setelah cabut dari MU, dia bergabung dengan Lazio. Namun di Italia dia membuat sensasi. Dalam tes urine, Stam, positif menggunakan obat-obatan sejenis narkoba, anabolic steroid nandrolone. Dia akhirnya mendapat skorsing 5 bulan dari FIGC.

Edgar Davids

Siapa tak kenal dengan Edgar Davids? Ya pemain legendaris Juventus ini ternyata pernah juga tersandung narkoba.

Pemain keturunan Suriname ini tertangkap memakai anabolic steroid nandrolone. Davids akhirnya diskors selama 4 bulan, setelah sebelumnya David diancam hukuman 2 tahun.

Adrian Mutu

Masih ingat kasus besar Adrian Mutu pada 2003 silam? Bila lupa, kami sedikit mengingatkannya. Tepat pada Agustus 2003 silam, Chelsea seperti membeli kucing dalam karung.

Alih-alih menjadi bintang, Mutu malah membohongi Chelsea. Ini setelah sosok asal Rumania itu dinyatakan positif memakai kokain pada Oktober 2004. Chelsea pun meminta Mutu membayar ganti rugi senilai 17 juta Pounds.

Pep Guardiola

Karier cemerlang Guardiola sebagai manajer ternyata pernah dirusak saat masih jadi pemain. Ya, mantan bos Barcelona itu pernah tersangkut narkoba saat di Italia bersama Brescia.

Manajer Manchester City ini divonis positif doping pada 4 November 2001, karena positif steroid nandrolone. Namun, dia dinyatakan bersih dari segala tuduhan dalam sidang banding.

Diego Maradona

Si tangan Tuhan ternyata pernah merusak karier sepak bolanya dengan narkoba. Dia pernah tertangkap menggunakan kokain di Barcelona.

Legenda Argentina itu akhirnya dijatuhi hukuman 15 bulan dan denda sebesar 70.000 dolar AS pada 1991. Akibatnya, di juga dicekal pada Piala Dunia 1994 lantaran kasus tersebut.

Kolo Toure

Kolo Toure juga ternyata pernah dihukum lantaran kasus narkoba. Namun, bukan kokain, adalah doping yang membuat dia dihukum pada 2009 lalu.

Kala itu, Toure tengah memperkuat Manchester City dan

dinyatakan positif doping dalam tes yang digelar oleh FA pada 2009. Kolo juga akhirnya dijatuhi denda oleh Manchester City.

(I. Eka Setiawan)

6 Pesepak Bola Dunia yang Pernah Terjerat Narkoba

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

Related Articles

Back to top button
Close
Close