AWAS! Modus Penipuan Keuangan Baru - Viral Soceng, Begini Tips Aman Terhindar dari Penipuan Soceng atau Phising

AWAS! Modus Penipuan Keuangan Baru - Viral Soceng, Begini Tips Aman Terhindar dari Penipuan Soceng atau Phising

atm--

TIPS dan Cara Terhindar dari Penipuan Soceng dan Penipuan Phising

Secara umum, ia memberikan tips meminimalisir bahaya phising sebagai berikut:

  1. Menjaga kerahasiaan data pribadi. Password, PIN, atau OTP dilarang untuk dishare ke siapapun termasuk jika ada yang mengaku dari pihak bank, baik untuk penggunaan ATM dan atau mobile banking.
  2. Perbarui kata sandi Anda secara teratur.
  3. Mengaktifkan fitur notifikasi transaksi.
  4. Periksa riwayat transaksi Anda secara teratur dengan AplikasiMobile Banking.
  5. Jaga agar koneksi seluler dan Internet Anda tetap aman.

OJK merespon positif perbankan yang terus aktif melakukan edukasi sosial Engineering.Modus kejahatan ini akan berkembang seiring waktu dan menjadi semakin menyakinkan.


"Yang diakalin itu tidak lagi sistem, tapi nasabahnya sendiri, tiba-tiba ditelepon dapat hadiah, tawaran naik jadi nasabah prioritas, limit kredit ditingkatkan, dan lain-lainnya yang akan langsung meminta data-data pribadi," jelas Melvin Mumpuni selaku Perencana Keuangan dan Founder PT Solusi Finansialku Indonesia.

Menurut Melvin, literasi di masyarakat perlu ditingkatkan. Solusi harus dilakukan bersama oleh berbagai pihak terkait sehingga masyarakat akan teredukasi dengan baik dan akan semakin berhati-hati..

Penjahat juga menjadi lebih cerdas dan makin canggih. Faktanya, banyak dari penjahat bahkan menggunakan nomor yang menyerupai call center.


×

Setiap telepon atau informasi dari bank yang meminta informasi pribadi harus diwaspadai oleh nasabah dan masyarakat.

Nasabah harus selalu mengecek ulang informasi yang diterima melalui call center resmi lembaga keuangan.

"Setiap ada telepon info apa pun, misal limit kredit dinaikan atau tawaran tertentu, bilang terima kasih saja dan langsung konfirmasi dengan menelepon sendiri call center banknya," kata dia

Menelepon sendiri call center lembaga keuangan Anda dapat membantu meminimalkan terjadinya Soceng.

Apalagi sekarang banyak call center bank dan customer service bank yang gratis atau menggunakan pesan gratis.

Perlu diketahui bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sendiri memiliki 226.267 layanan berupa permintaan info dan pengaduan dari berbagai saluran sejak awal 2022 hingga 23 September 2022.

OJK turut memebebrkan bahwa pihaknya telah menerima setidaknya 10.109 pengaduan dari masyarakat.

Sementara itu, 49,5% pengaduan berasal dari sektor perbankan, 50% dari sektor keuangan bukan bank (IKNB) dan sisanya dari layanan di sektor pasar modal.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU